Pemaparan Hasil Kegiatan Psdg 2013

 Pemaparan Hasil Kegiatan Pusat Sumber Daya Geologi Tahun 2013

 

 

Pemaparan Hasil Kegiatan Pusat Sumber Daya Geologi (PSDG) Tahun 2013 dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi hasil penyelidikan dan penelitian yang dilakukan oleh PSDG pada Tahun Anggaran 2012. Dengan terselenggaranya acara ini diharapkan masyarakat luas dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya baik untuk kepentingan ilmu pengetahuan maupun kepentingan ekonomis, dan lebih jauh lagi diharapkan mendatangkan manfaat nyata pada pembangunan perekonomian serta pendidikan bangsa.

Acara pemaparan diselenggarakan di kantor Badan Geologi di Jl. Diponegoro No. 57, Bandung, Jawa Barat pada tanggal 26 Februari 2013.  Acara ini di dihadiri oleh 200 orang peserta yang terdiri dari Dinas Pertambangan dan Energi di Kabupaten dan Provinsi yang telah dilakukan survei dan kegiatan lapangan, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan mineral, batubara, dan panasbumi, perguruan tinggi yang terkait, asosiasi profesi, dan para pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Pusat Sumber Daya Geologi. Pada waktu yang sama juga diselenggarakan pameran berupa peta dan poster hasil kegiatan dan fasilitas yang dimiliki oleh PSDG termasuk peralatan eksplorasi. Lomba poster dan foto juga diikuti oleh pegawai di lingkungan PSDG. Materi yang dipaparkan berjumlah 28 buah.

Materi presentasi/pemaparan terdiri atas :

1.      Roadmap Penyelidikan dan Eksplorasi Mineral, Energi Fosil dan Panas Bumi Tahun 2012 - 2025 oleh Iwan Nursahan, ST.

2.      Pemutakhiran Peta Metalogeni Indonesia Tahun 2012 oleh Ernowo, ST.

3.      Survei Terpadu 3G (Geologi, Geokimia, dan Geofisika) Daerah Panas Bumi Kadidia, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah oleh Ary Kristianto Agung Wibowo, ST, MT.

4.      Pengeboran Landaian Suhu Daerah Panas Bumi Gunung Talang, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat dan Lainea, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Yuanno Rezky, ST.

5.      Eksplorasi Mineral Logam di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat oleh Moe’tamar, ST.

6.      Pemboran untuk Penyelidikan Potensi Mineral Ikutan dan Unsur Tanah Jarang Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung oleh Rohmana, ST.

7.      Penyelidikan Batubara Bersistem Cekungan Sumatera Selatan Daerah Dusun Simambo, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi oleh Dede Ibnu Suhada, ST.

8.      Survei Aliran Panas Daerah Panas Bumi Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo dan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan oleh Robertus SL Simarmata, ST.

9.      Eksplorasi Umum Logam Tanah Jarang (REE) di Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara oleh Kisman, ST.

10.   Aplikasi Coal Resources and Reserves Evaluation System (CRRES) Dalam Penghitungan Sumber Daya Batubara, Daerah Muara Tebo, Provinsi Jambi oleh Irfan Ostman, ST.

11.   Penelitian dan Evaluasi Pengeboran Potensi CBM di Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan oleh Ir. UntungTriono.

12.   Survei Terpadu 3G (Geologi, Geokimia, dan Geofisika) Daerah Panas Bumi Way Umpu, Provinsi Lampung oleh Dikdik Risdianto, ST, MT.

13.   Survei Terpadu 3G (Geologi, Geokimia, dan Geofisika) dan MT Daerah Panas Bumi Talu Tombang, Provinsi Sumatera Barat oleh Ahmad Zarkasyi, S.Si, MT.

14.   Survei Seismik Refleksi Untuk Batubara Daerah Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi oleh Syuhada Arsadipoera, BE.

15.   Penyelidikan Pendahuluan Sumber Daya Batubara di Long Pupung, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Timur oleh Rahmat Hidayat, ST.

16.   Survei Terpadu 3G (Geologi, Geokimia, dan Geofisika) Daerah Panas Bumi Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali oleh Mochamad Nur Hadi, ST, MT.

17.   Eksplorasi Umum Endapan Lempung di Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan oleh Irwan Muksin, ST.

18.   Penelitian Geologi Medis di Poboya, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah oleh Ir. Rudy Gunradi.

19.   Penyelidikan Bitumen Padat di Daerah Nanga Serawai dan Sekitarnya, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat oleh Robert Lumban Tobing, ST, MT.

20.   Survei Terpadu 3G (Geologi, Geokimia, dan Geofisika) dan MT Daerah Panas Bumi Cubadak, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat oleh Muhammad Kholid, S.Si.

21.   Prospeksi Mineral Bukan Logam di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi  Sumatera Selatan oleh Bayu Sayekti, ST.

22.   Kajian Kokas Kalimantan Tengah oleh Eko Budi Cahyono, ST.

23.   Penyusunan Atlas Petrografi Batubara Cekungan Sumatera Selatan oleh Moehamad Awaludin, ST, MT.

24.   Survei Pendahuluan Awal Daerah Panas Bumi Gorontalo dan Mamuju oleh Dede Iim Setiawan, ST, MT.

25.   Eksplorasi Umum Batuan Ultrabasa di Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan oleh Ir. Djadja Turdjaja.

26.   Kajian Potensi Batubara Sumatera Selatan Untuk Dikonversi Menjadi Bahan Bakar Cair oleh Fatimah, ST.

27.   Penelitian Bahan Galian Lain dan Mineral Ikutan Pada Wilayah Pertambangan di Kabupaten Tebo oleh Heri Susanto, ST.

28.   Kajian Keprospekan Untuk Usulan Wilayah Pertambangan Mineral dan Batubara di Indonesia oleh Ir. Denni Widhiyatna.

Pemenang lomba poster :

1.      Yuanno Rezky, ST dengan tema Daerah Panas Bumi Songa - Wayaua Kabupaten Maluku Utara, Maluku.

2.      Candra dengan tema Bidang Informasi.

3.      Fatimah, ST dengan tema Organic Petrograpy Of The Sangkarewang Oil Shale Deposit, Sawahlunto, West Sumatera Province, Indonesia.

Pemenang lomba foto :

1.      Mochamad Nur Hadi, ST, MT dengan tema Alterasi, Sulfur dan Sisa Volcanic Neck.

2.      Ir. Rudy Gunradi dengan tema Taman Firdaus di Mata Air Panas Sipoholon.

3.      Dikdik Risdianto, ST, MT dengan tema Travertine Deposite.

 

 

 
Pembukaan Pemaparan PSDG Tahun 2013
 
Juara 1 - Poster Daerah Panas Bumi Songa - Wayaua Kabupaten Maluku Utara, Maluku
 
 
Juara 2 - Poster Bidang Informasi
 
 
 Juara 3 - Poster Organic Petrograpy Of The Sangkarewang Oil Shale Deposit, Sawahlunto, West Sumatera Province, Indonesia 
 
 
Juara 1 - Foto Alterasi, Sulfur dan Sisa Volcanic Neck 
Lokasi berada di puncak G.Batur, Bali di salah satu Kawah yang masih aktif.
Terlihat rombongan tim yang akan sampling gas dengan latar batuan teralterasi dan
sublimasi belerang di bagian atas sedangkan di dasar kawah terdapat sisa pipa
vulkanik lava basalt yang membentuk tiang sisa erupsi G.Batur
 
 
 
Juara 2 - Foto Taman Firdaus di Mata Air Panas Sipoholon
Mata air panas di Daerah Panas Bumi Sipoholon di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara
 
 
Juara 3 - Foto Travertine Deposite
Foto diambil di sebuah daerah yang bernama Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara,
Sumatera Utara. Objek merupakan manifestasi panas bumi berupa mata air panas
yang tinggi sekali kadar bi-karbonatnya sehingga menghasilkan endapan kapur
berwarna putih