Workshop Open Source Geographic Information System (gis)

Workshop Open Source Geographic Information System (GIS)
 

Workshop Open Source GIS Pusat Sumber Daya Geologi (PSDG) dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran pengguna informasi tentang pentingnya penggunaan maupun implementasi perangkat lunak yang legal. Dengan terselenggaranya acara ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para peserta terutama dalam pengenalan dan pengolahan citra indera jauh (remote sensing) menggunakan Software GIS Berbasis Open Source GRASS GIS.

Acara seminar diselenggarakan di Hotel Takashimaya, Lembang, Provinsi Jawa Barat pada tanggal 26 Maret sampai dengan 28 Maret 2013.  Acara ini di dihadiri oleh 70 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa/i perguruan tinggi dan para pejabat fungsional di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).

Rangkaian kegiatan workshop dimulai dengan laporan ketua panitia, sambutan dan pembukaan oleh Kepala Pusat Sumber Daya Geologi yang diwakili oleh Kepala Bidang Informasi PSDG. Selanjutnya dilanjutkan dengan presentasi oleh narasumber dari PSDG, Ir. Prima Muharam Hilman, M.Sc dan dari praktisi PT. Map Vertex Yogyakarta, Amirul Anam, S.Si.  Selain presentasi, juga diadakan pelatihan penggunaan software GIS berbasis open source GRASS GIS dengan contoh identifikasi mineral daerah Flores, citra LANDSAT dan ASTER. Diskusi tanya jawab dilakukan saat pelatihan dan sebelum penutupan. Acara ditutup oleh  Kepala Bidang Informasi PSDG.

Materi presentasi/pemaparan terdiri atas :

1.      Pengenalan Penginderaan Jauh (Remote Sensing) oleh  Ir. Prima Muharam Hilman, M.Sc?                                  

2.      Dasar-Dasar Penginderaan Jauh (Remote Sensing) oleh Ir. Prima Muharam Hilman, M.Sc

3.      Penginderaan Jauh Untuk Eksplorasi Mineral oleh Ir. Prima Muharam Hilman, M.Sc

4.      Pengolahan Citra Dengan GRASS GIS oleh Amirul Anam, S.Si

5.      Instalasi dan Pelatihan Penggunaan GRASS GIS menggunakan citra LANDSAT dan ASTER dan contoh daerah alterasi mineral Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur oleh Amirul Anam, S.Si

 

Peserta Workshop

 

Pemaparan Remote Sensing oleh Ir. Prima Muharam Hilman, M.Sc

 

Pelatihan GRASS GIS oleh Amirul Anam, S.Si