Pelayanan Informasi

Bagian Tata Usaha adalah ujung tombak Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi dalam memberikan pelayanan sesuai dengan visinya untuk menjadi yang terdepan dalam memberikan pelayanan Data dan Informasi Potensi Sumber Daya Geologi Indonesia. Kelompok kerja pelayanan data dan informasi dalam menyelenggarakan pelayanan memiliki fungsi yaitu  pengelolaan sistem informasi, dokumentasi dan pelayanan informasi serta pengelolaan data dan informasi penyiapan wilayah keprospekan.

 

Kegiatan Pokja Data dan Informasi

 

1.    Pelayanan Peta  Potensi Sumber Daya Geologi (SDG).

 Berbagai peta tematik potensi sumber daya geologi Indonesia diproduksi oleh Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP). Peta potensi SDG meliputi peta potensi mineral logam, mineral bukan logam dan batuan, peta sebaran batuan pembawa logam, peta potensi batubara, peta formasi batubara, peta potensi bitumen padat, peta potensi gambut, peta potensi dan lokasi panas bumi.

 

Pelayanan Publik

Melayani permintaan peta  potensi sumber SDG seluruh Indonesia dalam bentuk format A3 untuk kabupaten, format A0 untuk propinsi atau pulau.  Tarif pembelian peta berdasarkan PP Nomor 9 Tahun 2012 tentang Jenis Dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral.

 

Prosedur Permintaan Peta:

  1. Mengajukan permohonan surat kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi  dapat melalui pos ke alamat Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) di Jl. Soekarno - Hatta No. 444 Bandung 40254 atau faksimili ke (022) 5226263, 5226270 atau email ke This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it (contoh terlampir);
  2. Disposisi kepala pusat diteruskan kepada kepala bidang informasi  yang  dilanjutkan ke sub bidang pelayanan informasi publik;
  3. Pemrosesan pembuatan peta potensi sumber daya mineral oleh staf sub bidang pelayanan informasi publik yang berkoordinasi dengan sub bidang kerja sama untuk penyelesaian administrasi.

 

Contoh Permohonan Surat :

Kepada Yth.

Kepala Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi

Badan Geologi

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM)

Jl. Soekarno-Hatta No. 444

Bandung 40254 – Indonesia

 

Perihal : Pemohonan Informasi Peta Penyebaran Potensi Mineral di Indonesia

 

Dengan hormat,

 

Isi surat (sesuai kebutuhan peta potensi sumber daya mineral dan lokasi yang diinginkan)

 

Hormat kami,

Nama Perusahaan

Tanda Tangan dan Cap Perusahaan  

(Nama Pemohon)

 

2.    Penyebarluasan data dan informasi hasil kegiatan Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi melalui workshop, seminar, pameran, sosialisasi.

 

 

 

Kegiatan Workshop dan Pameran

 

3.    Pengembangan aplikasi sistem informasi di bidang sumber daya geologi.

 

 

 

Aplikasi Sistem Informasi Sumber Daya Geologi

 

4.    Pembuatan Publikasi Khusus.

 

 

 

Publikasi PSDG

 

5.    Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi memiliki Basis Data Potensi Sumber Daya Geologi Indonesia dengan menerapkan teknologi terkini. Melalui Basis Data tersebut, Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi memberikan kontribusi dalam penyiapan Wilayah Pertambangan (WP) dan Wilayah Usaha Pertambangan (WUP) Mineral dan Batubara serta merekomendasikan daerah prospek panas bumi.

 

 

 

  

 

 

 

 

 

6.    Perpustakaan PSDMBP memiliki koleksi laporan, buku, jurnal, buletin yang dapat dibaca oleh pengunjung perpustakaan.  Pegawai PSDMBP yang masih aktif dapat meminjam koleksi perpustakaan dengan syarat tertentu.  Pengunjung perpustakaan yang bukan pegawai PSDMBP hanya diperkenankan membaca di tempat atau memfotokopi sesuai kebutuhan yang akan dilayani oleh pengelola perpustakaan. Katalog perpustakaan PSDMBP dapat dilihat di alamat URL : http://psdg.geologi.esdm.go.id/perpus/.

 

 

 

 

7.    Pengelolaan Data dan Informasi Sumber Daya Geologi