Pekan Wisata Nasional 2013 Di Jogja Expo Center, Yogyakarta

Pekan Wisata Nasional 2013 di Jogja Expo Center, Yogyakarta

Pekan Wisata Nasional 2013 merupakan wujud sinergi dan partisipasi pemerintah maupun institusi di sektor pariwisata demi memaksimalkan potensi wisata nasional. Kegiatan ini diharapkan dapat membangun kolaborasi dan kerjasama antara Pemerintah pusat, Pemerintah daerah, serta institusi yang bergerak di industri pariwisata dalam rangka membangun komunikasi strategis pemasaran produk-produk potensial pariwisata dan industri pendukung di tingkat nasional dan internasional.

Kegiatan Pekan Wisata Nasional 2013 didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah,dengan harapan dapat memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia. Berlatarkan hal ini Pusat Sumber Daya Geologi memutuskan untuk turut serta dalam kegiatan pameran di Pekan Wisata ini. Hal ini karena Pusat Sumber Daya Geologi juga memiliki kegiatan yang menunjang ekonomi kreatif.

Acara pameran diselenggarakan di Jogja Expo Center, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 2 - 5 Mei 2013.  Pameran diikuti oleh 46 stand, yaitu dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi/kabupaten di Indonesia, beberapa instansi swasta, Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan (bersama dengan Pusat Sumber Daya Geologi dalam stand Badan Geologi), Puslitbangtek Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi. Acara Pekan Wisata Nasional 2013 dibuka oleh perwakilan Direktur Pencitraan Indonesia, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

PSDG mengikuti pameran ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi dan sosialisasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh PSDG, agar data dan informasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat terutama yang menunjang ekonomi kreatif. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat pula terjalin kerjasama yang makin baik, antara pemerintah pusat dan daerah khususnya Dinas ESDM Provinsi, serta memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan mendukung pembangunan secara nasional.

Materi stand Pusat Sumber Daya Geologi, Badan Geologi terdiri atas :

Poster :

-       Potensi Sumber Daya Geologi Penunjang Ekonomi Kreatif, Provinsi Yogyakarta;

-       Sumber Daya Geologi Penunjang Bahan Baku Pengrajin Keramik dan Batu Paras Provinsi DI. Yogyakarta;

-       Penelitian Pemanfaatan Endapan Lumpur di Daerah Porong, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur;

-       Bidang Informasi – 2013.

 Publikasi :

-   Atlas Mineral Bijih Indonesia;

-   Batugamping di Indonesia, geologi, eksplorasi dan pemanfaatannya;

-   Sumber Daya Panas Bumi di Indonesia;

-   Emas di Indonesia, geologi, eksplorasi dan pemanfaatannya;

-   Coal Bed Methane di Indonesia, geologi, eksplorasi dan pemanfaatannya.

 Multimedia :

-     Video Profile Pusat Sumber Daya Geologi

 

 Stand  Badan Geologi

 

Peresmian pameran oleh wakil dari Direktur Pencitraan Indonesia

 

Pengunjung  mendapatkan informasi sumber daya geologi