Workshop On Asean Mineral Database And Information System (amdis) 2013

Workshop on ASEAN Mineral Database and Information System (AMDIS) 2013

Dalam rangka memperbaiki kinerja dari  ASEAN Mineral Database and Information System diperlukan penyelenggaraan Workshop on ASEAN Mineral Database and Information System sehingga aplikasi tersebut dapat dipergunakan oleh negara ASEAN khususnya dan pengguna informasi mineral pada umumnya.  Workshop ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan ASOMM+3 ke-5 yang dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2012 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam dan hasil diskusi Training Program on Mineral Resource Database for ASEAN [ENMD] yang dilaksanakan pada tanggal 18 – 26 September 2012 di Tokyo, Jepang.

Workshop ini diselenggarakan terkait dengan rencana penempatan server utama sistem database dan informasi mineral ASEAN di negara Jepang dan server cadangan tetap di negara anggota ASEAN agar sistem tersebut mudah diakses oleh pengguna di seluruh dunia.  Selain itu,  rencana penggunaan aplikasi portal yang telah dibuat oleh Geological Survey of Japan (GSJ), National Institue of Advanced Industrial Science and Technology (AIST), Jepang dengan standar Open Geospatial Consortium (OGC) serta sosialisasi penggunaan aplikasi metadata yang dibangun kerjasama antara Coordinating Committee for Geoscience Programmes in East and Southeast Asia (CCOP) dan China Geological Survey (CGS). 

Acara workshop diselenggarakan di Hotel Harris Resort, Kuta, Provinsi Bali pada tanggal 25 -  28 Juni 2013.  Acara ini di dihadiri oleh 30 orang peserta yang terdiri dari peserta negara ASEAN (Brunei Darussalam, Cambodia, Indonesia, Lao PDR, Malaysia, Vietnam, Thailand) dan CCOP.

Kegiatan workshop ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan kepada negara ASEAN bagaimana membangun dan menampilkan aplikasi GIS berbasis WMS dengan standar OGC, memahami aplikasi standar metadata, dan mempererat kerjasama multilateral antara negara ASEAN dan plus three countries.

Acara pembukaan diawali dengan laporan panitia, sambutan dari representatif GSJ-AIST, Jepang, Dr. Yasukuni Okubo,  sambutan dari representatif CGS, China, Dr. Zhang Minghua, sambutan dari Direktur CCOP, Thailand, Dr. Adichat Surinkum, lalu dilanjutkan ucapan selamat datang kepada para peserta sekaligus sambutan pembukaan Kepala Badan Geologi yang diwakili oleh Kepala Pusat Sumber Daya Geologi (PSDG), Ir. Calvin Karo Karo Gurusinga, M.Sc.  Setelah pembukaan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan sesi pemaparan oleh Ir. Prima Muharam Hilman, M.Sc tentang Progress on ASEAN Minerals Database and Information System, Dr. Yasukuni Okubo tentang Plan of GSJ-JICA Follow-up Project on ASEAN Mineral Resources Database and Information System, dan ASEAN Harmonized Geology.  Pemaparan selanjutnya oleh Dr. Zhang Minghua tentang Cooperation Among CGS and CCOP/ASEAN in Geoinformation Projects.  Pemaparan berikutnya oleh Dr. Tetsuji Ohno tentang Introduction of Mineral Resources Maps in GSJ and How to make the google-map overlay using Mail Marge, dan Ir. Rina Wahyuningsih tentang Metadata of Geological Resources Potential.

            Workshop ini diisi dengan pelatihan tentang Introduction to CCOP Geoinformation Metadata Standard oleh Dr. Zhang Minghua,  CCOP Geoinformation Metadata System (CCOPMDIS) oleh Dr. Wang Chengxi, Web-Based Mineral Information System Database Maintenance and Portal Development, Preliminary Preparations for the Training, Web Based Database and Table Creation,  Mineral Database Queries: Sequencial Query Language (SQL) Formulation, Creating WMS with GetInformation Function, Establishing  Web GIS Portal, LINUX OS Based Server Directory Structure, oleh Dr. Joel Calupas Bandibas, Dr. Yasukuni Okubo, Dr. Tetsuji Ohno. Selain penyampaian materi juga dilakukan praktek pengisian data dengan menggunakan contoh data shapes files dan postgreSQL yang dimiliki oleh Indonesia dan Jepang.  Acara penutupan diisi dengan diskusi dan tindak lanjut ke depan oleh Dr. Yasukuni Okubo, Dr. Zhang Minghua dan Kepala Bidang Informasi PSDG, Ir. Prima Muharam Hilman, M.Sc.

 

Acara Pembukaan