Signas Tahun 2014 Pulau Jawa-nusa Tenggara Kedua Di Jakarta

Jakarta – Bertempat di Hotel Mercure Ancol, pada tanggal 11-14 November 2014, Pusat Sumber Daya Geologi mengadakan acara SIGNAS untuk Pulau Jawa dan Nusa Tenggara untuk kedua kalinya pada tahun 2014 ini. Acara SIGNAS ini sekaligus menjadi penutup rangkaian acara SIGNAS pada tahun 2014.

Kegiatan Pengembangan SIGNAS Sumber Daya Geologi telah dilakukan oleh Badan Geologi sejak tahun 2011., Kegiatan ini dilakukan untuk menghimpun data dan informasi sumber daya geologi yang terdapat di setiap daerah dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis berbasis web. Kegiatan Pengembangan SIGNAS ini, bertujuan untuk mengumpulkan formulir database sumber daya mineral dan energi serta mengisi Aplikasi Sistem Informasi Geografis Nasional berbasis Web yang dikembangkan menggunakan piranti lunak “open source”. Diharapkan setelah konsiyering ini data sumber daya geologi bertambah dan tersimpan di dalam server di Badan Geologi yang dikelola bersama oleh Pemerintah Pusat dan Daerah.

 

 

 Tahun 2014 ini Badan Geologi bermaksud melakukan evaluasi terhadap kemajuan yang dicapai dari kegiatan selama 3 tahun sebelumnya dengan mengadakan konsinyering seperti saat ini. Konsinyering kali ini merupakan konsinyering kedua Tim SIGNAS wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara, Konsinyering pertama telah dilaksanakan pada Bulan Juli 2014 di Hotel Putri Gunung Lembang-Bandung, Jawa Barat.  Kegiatan konsinyering kali ini diikuti oleh 51 peserta dari dari 57 undangan perwakilan dari kabupaten dan provinsi yaitu Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Seluruh peserta yang hadir adalah anggota Tim Pengembangan SIGNAS Sumber Daya Geologi Pulau Jawa Bali Nusa Tenggara di Badan Geologi.

Sampai dengan 10 November 2014, jumlah laporan yang telah masuk ke dalam aplikasi sebanyak 253 laporan dengan jumlah blok sebanyak 389 blok dan 444 titik komoditi. Konsinyering kali ini dilaksanakan selama 2 hari dengan agenda utama berupa verifikasi data, pengisian formulir database dan terakhir pengisian data ke dalam aplikasi SIGNAS Sumber Daya Geologi. Diharapkan setelah kegiatan konsinyering ini berakhir, dan juga kegiatan tim ini selesai pada akhir tahun, jumlah laporan, blok dan titik akan terus bertambah.