Workshop Asean Mineral And Database Information System (amdis) 2014

ASOMM atau ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) Senior Officials Meeting on Mineral yang merupakan wadah bernaungnya negara-negara anggota ASEAN di bidang mineral, memiliki beberapa kelompok kerja (working group). Salah satu working group dari ASOMM adalah Working Group of Mineral Database and Information System (WGMID). Indonesia dipercaya menjadi koordinator dari working group ini. Working group ini memiliki sistem informasi yang disebut ASEAN Mineral Database and Information System (AMDIS) yang berfungsi untuk menginventarisasi lokasi-lokasi keterdapatan mineral diseluruh negara anggota ASOMM. Kemajuan dari sistem informasi ini senantiasa dipantau setiap tahunnya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pengetahuan dari pengguna aplikasi AMDIS ini, maka diadakan acara workshop AMDIS, agar para pengguna AMDIS paham terhadap proses-proses yang terjadi di dalamnya.

Acara ini diselenggarakan oleh Indonesia, sebagai tuan rumah dan dihadiri oleh Perwakilan dari negara-negara anggota ASOMM (laos, malaysia, brunei, kamboja,) dan Timor Leste. Pembicara dan Narasumber acara ini adalah Okubo Yasukuni dan Joel C. Bandibas dari GSJ (Geological Survey of Japan), Jepang. Acara ini diselenggarakan di HARRIS Resort Kuta Beach, Jl. Pantai Kuta, Kuta, Bali, Indonesia pada tanggal 5-9 Oktober 2014.

Acara workshop AMDIS ini diselenggarakan selama kurang lebih seminggu.  Hari pertama acara workshop AMDIS diawali dengan pembukaan dari Kepala Badan Geologi, Dr. Surono. Kemudian dilanjut dengan pidato dari Okubo Yasukuni, narasumber dari GSJ, Jepang serta review progress beserta kritik dan saran dari masing masing anggota ASOMM yang hadir. Hari berikutnya diisi dengan diskusi dan  brain storming dengan dipandu Okubo Yasukuni  dan diikuti oleh dari selurung peserta yang hadir termasuk peserta dari Timor Leste yang baru pertama kali mengikuti acara ini mengenai permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi yang berkaitan dengan sistem informasi AMDIS. Setelah itu materi berupa teori dan praktek diberikan oleh narasumber dari GSJ Jepang lainnya yaitu Joel C. Bandibas. Setelah semua materi selesai disampaikan, diadakan evaluasi berupa test mengenai materi hari sebelumnya. Masing-masing peserta diwajibkan menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh narasumber. Setelah itu peserta diharuskan melakukan presentasi terhadap solusi yang dibuatnya masing-masing. Dan sebelum penutupan, dilakukan pembahasan terhadap permasalahan yang diberikan serta dipilih peserta dengan solusi terbaik.