Sosialisasi Pusat Sumber Daya Geologi

 

 

Jakarta - Pada tanggal 24 November 2014, bertempat di hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Pusat Sumber Daya Geologi mengadakan acara Sosialisasi. Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memperkenalkan salah satu unit eselon II dibawah Badan Geologi yaitu Pusat Sumber Daya Geologi serta bagaimana peranannya dalam mengelola data Sumber Daya Geologi yang dimiliki Indonesia.

Tugas utama dari Pusat Sumber Daya Geologi adalah melaksanakan penelitian, penyelidikan dan pelayanan di bidang Sumber Daya Geologi.

"Setiap tahunnya pusat sumber daya geologi membuat dan mengupdate peta dan neraca sumber daya meineral, Batubara, bitumen padat, cbm, dan panas bumi yang merupakan dasar pengambilan kebijakan nasional di sektor energi dan sumber daya mineral.", ujar Kepala Bidang Informasi Pusat Sumber Daya Geologi, Ir. Prima Muharram Hilman, Msc.

Acara Sosialisasi ini dihadiri oleh berbagai kalangan terutama dari kalangan media (wartawan), akademisi seperti dosen dan mahasiswa serta beberapa asosiasi seperti IAGI(Ikatan Ahli Geologi Indonesia), MGEI(Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia), serta Ikatan Zeolit Indonesia.

Pusat Sumber Daya Geologi ( PSDG), membawahi tiga bidang, dan enam kelompok penyelidikan. Tiga bidang  tersebut  adalah bidang informasi, bidang sarana teknik, dan bidang program kerjasama. Sedangkan enam kelompok penyelidikan yang dimaksud adalah kelompok penyelidikan Mineral Logam, kelompok penyelidikan Mineral Bukan Logam dan Batuan, kelompok penyelidikan Panas Bumi, kelompok penyelidikan Bawah Permukaan, kelompok penyelidikan Energi Fosil dan terakhir kelompok penyelidikan Konservasi.

 Dengan memanfaatkan sarana teknologi yang ada, bidang informasi telah membuat satu website open source, yang diberi nama webGISSumber daya geologi. Dengan Website ini masyarakat umum dapat melihat potensi sumber daya geologi yag ada di Indonesia melalui internet. Data yang dimasukan dalam website ini merupakan hasil kolaborasi data dari penelitian Pusat Sumber daya Geologi dan data yang dimiliki dinas kabupaten kota seluruh Indonesia.

Pusat sumber daya geologi akan selalu berusaha untuk meningkatkan hasil kegiatan eksplorasinya, sehingga negara ini tidak akan kekurangan dan dapat terus menemukan cadangan sumber daya geologi yang baru