Kunjungan Hmtg “gea” Itb

 

Bandung – Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi “GEA” Institut Teknologi Bandung–disingkat HMTG “GEA” ITB–merupakan organisasi kemahasiswaan di kampus ITB yang berbasis keilmuan geologi. Didirikan pada tanggal 6 Mei 1955 oleh Prof. Sampoerno, himpunan ini dulu bernama Perhimpunan Mahasiswa Geologi Bandung (PMGB) dan merupakan pecahan dari Persatuan Mahasiswa Geologi dan Pertambangan (PMGP).

Pada tanggal 3 Oktober 2014 lalu, sebanyak 21 orang anggota HMTG “GEA” ITB melakukan kunjungan ke Pusat Sumber Daya Geologi (PSDG). Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menjalin terciptanya hubungan baik HMTG “GEA” ITB dengan lembaga kegeologian.

Sesampainya di PSDG rombongan disambut di Auditorium yang letaknya di Gedung Mineral lantai 4. Rombongan kemudian mendapatkan penjelasan mengenai PSDG mulai dari apa itu PSDG hingga peran PSDG dalam meningkatan investasi sektor ESDM guna menunjang percepatan pembangunan nasional oleh Bapak Ir. Prima Muharam Hilman, M.Sc. selaku Kepala Bidang Informasi PSDG. Dalam sesi  rombongan menjadi paham bahwa peran pemerintah dalam sumber daya geologi ini sangatlah penting, terutama dalam hal penentuan neraca sumber daya dan cadangan sumber daya geologi.

Setelah sesi penjelasan profil PSDG, lalu rombongan diajak untuk berkeliling ke tempat alat-alat bor dan Laboratorium Kimia dan Fisika yang dimiliki PSDG.  Laboratorium Kimia berupa Lab. Mineral Logam, Lab. Panas Bumi, Lab. Batubara, Lab. CBM. Dan Laboratorium Fisika berupa Lab. Fisika Mineral dan Batubara.

Harapan dari rombongan,  semoga untuk program GEA Goes Out selanjutnya makin menarik dan sangat bermanfaat. Dan tentunya semakin banyak partisipasi dari GEA semua.