Diseminasi Sumber Daya Geologi Di Smkn 1 Padaherang

Kegiatan Diseminasi Sumber Daya Geologi di SMK Negeri 1 Padaherang, Kabupaten Pangandaran merupakan kegiatan diseminasi yang kedua yang dilaksanakan oleh Pusat Sumber Daya Geologi pada tahun 2015 ini. Acara berlangsung dari tanggal 30 Maret 2015 sampai dengan tanggal 1 April 2015. Acara dibuka oleh Plt.Kepala Pusat Sumber Daya Geologi, Ir. Rudy Suhendar, MSc, selanjutnya diisi oleh narasumber yang berjumlah 6 orang. Acara ini diikuti oleh guru dan siswa SMKN 1 Padaherang jurusan Geologi Pertambangan sebanyak 180 orang dan dari Badan Geologi 20 orang.

SMKN 1 Padaherang berada di batas paling utara dari kabupaten Pangandaran sejak tahun 2013. SMKN ini didirikan pada tahun 2004 oleh tokoh masyarakat yang menghibahkan tanahnya untuk berdirinya sekolah ini. Jumlah siswa 1605 orang siswa hingga saat ini. Pertama kali dibuka dengan 2 kompetensi geologi pertambangan dan komputer jaringan. Ada 88 kompetensi Geologi Pertambangan di Indonesia, 7 diantaranya ada di Jawa Barat, salah satunya SMKN 1 Padaherang ini. Sejak awal berdiri, SMKN ini memanggil guru tamu untuk mengajar. Kerjasama dengan Badan Geologi sudah dilakukan dengan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Diharapkan kegiatan ini dapat menambah ilmu dan wawasan tentang teknologi dan ilmu kebumian yang berkembang saat ini pada masyarakat.

Kegiatan Diseminasi Sumber Daya Geologi dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi geologi dan hasil-hasil kegiatan penyelidikan yang berhubungan dengan kebumian serta perkembangan ilmu kebumian kepada dunia pendidikan terutama bidang geologi pada umumnya, para guru dan siswa-siswi SMKN 1 Padaherang jurusan geologi pertambangan pada khususnya.

  Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat khususnya dalam bidang geologi bagi para guru dan siswa sekaligus mensosialisasikan hasil kegiatan Badan Geologi khususnya Pusat Sumber Daya Geologi. Dengan bertambahnya wawasan para peserta diseminasi yang berasal dari dunia pendidikan dan generasi muda, diharapkan dapat mencetak generasi-generasi penerus bangsa yang senantiasa mengikuti perkembangan jaman sesuai bidang keilmuannya khususnya bidang ilmu geologi. Disela-sela presentasi dan tanya jawab oleh narasumber, juga diadakan kuis dan para peserta diseminasi tampak begitu antusias mengikutinya.