Fgd “persiapan Menuju Buletin Sumber Daya Geologi Online”

Karya tulis ilmiah merupakan sarana komunikasi ilmu pengetahuan dalam bentuk tulisan dengan menggunakan sistematika yang dapat diterima dan disepakati oleh komunitas keilmuan. Suatu karya ilmiah harus dapat dipertanggungjawabkan secara obyektif dan empiris. Buletin Sumber Daya Geologi (SDG) merupakan sarana untuk menulis karya tulis ilmiah bagi para fungsional di Pusat Sumber Daya Geologi dan juga pihak lain yang terkait bidang keilmuannya. Proses pembuatan buletin SDG mulai dari pengumpulan naskah, review naskah sampai proses publikasi masih dilakukan secara manual tanpa menggunakan aplikasi. Seiring dengan kemajuan teknologi, kini sudah banyak berkembang aplikasi yang dapat membantu memudahkan proses pembuatan dan publikasi buletin.

FGD ini diselenggarakan untuk menambah wawasan mengenai seluk beluk pengelolaan buletin Sumber Daya Geologi, proses akreditasi buletin, catatan dari LIPI mengenai akreditasi buletin sumber daya geologi, serta manajemen penerbitan secara online. Maksud dan tujuan diselenggarakannya FGD Persiapan Menuju Buletin Sumber Daya Geologi Online ini yaitu untuk mensosialisasikan salah satu sistem aplikasi untuk pembuatan buletin, Open Jurnal System (OJS) yang bersifat open source dari Public Knowledge Project (PKP). Hal ini dimaksudkan agar Buletin Sumber Daya Geologi siap beralih dari yang semua prosesnya dilakukan secara manual menjadi elektronik (online).

Kegiatan Focus Group Disscusion(FGD) dengan tema “Persiapan Menuju Buletin Sumber Daya Geologi Online” ini semula akan dilaksanakan di Gedung Badan Diklat Energi dan Sumber Daya Mineral, Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 49 Jakarta Selatan, akan tetapi dikarenakan Gedung Badan Diklat Energi dan Sumber Daya Mineral sedang direnovasi, maka acara FGD pun diadakan di Pomelotel, Jl. Dukuh Patra Raya No. 28, Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Acara FGD ini berlangsung dari tanggal 2-3 November2015. Acara dibuka oleh Kepala Bidang Sarana Teknik Pusat Sumber Daya Geologi, Ir. Prima Muharam Hilman, M.Sc. yang mewakili Kepala Pusat Sumber Daya Geologi. Acara FGD dihadiri 40 orang peserta yang berasal dari Pusat Sumber Daya Geologi, dan perguruan tinggi yaitu Universitas Padjadjaran.

Jumlah narasumber dalam acara FGD ini sebanyak lima orang, yaitu Kepala Subbidang Keprospekan Pusat Sumber Daya Geologi, Edi Suhanto, S.Si., M.T., Dr. Ir. Dicky Muslim, M.Sc. dari Universitas Padjadjaran, Muhammad Nurul Furqon, S.S dari LIPI, Suzan Lesmana, M.Si dari LIPI, dan Andri Agus Rahman, S.Kom dari LIPI. Moderator berjumlah 2 orang yaitu Ir. Sabtanto Joko Suprapto dan Ir. Prima Muharam Hilman, M.Sc. Keduanya berasal dari Pusat Sumber Daya Geologi.