Brigade Energi 2015

Krisis energi yang terjadi di dunia sekarang ini juga terjadi di Indonesia. Cadangan energi di Indonesia terutama energi fosil (gas, minyak bumi, dan batubara) semakin hari semakin menyusut. Maka itu diperlukan upaya penggalakkan hemat energi sebagai salah satu cara dalam menghadapi krisis energi tersebut. Sebagai kementerian yang berhubungan dengan sektor energi semua pegawai Kementerian ESDM harus memiliki rasa loyalitas dan intergritas yang tinggi supaya dapat menggalakkan sikap hemat energi agar dapat menjadi contoh di hadapan masyarakat Indonesia. Untuk mewujudkan sosok pegawai tersebut, perlu pembinaan melalui kegiatan Pendidikan dan Latihan Penggerak Energi Tanah Air PNS dan CPNS Kementerian ESDM Tahun 2015. Tujuan dari kegiatan Pendidikan dan Latihan Penggerak Energi Tanah Air PNS dan CPNS Kementerian ESDM Tahun 2015  adalah

- Meningkatkan kemampuan fisik dan mental para PNS/CPNS peserta diklat

- Menumbuhkan rasa bela negara, loyalitas, dan integritas yang tinggi di lingkungan KESDM

- Meningkatkan jiwa kepemimpinan, disiplin tinggi, dan mental yang kuat di lingkungan KESDM

- Meningkatkan rasa solidaritas yang tinggi diantara semua pegawai KESDM

- Menumbuhkan kesadaran untuk hemat energi dan kemampuan untuk mensosialisasikannya

Sasaran Pendidikan dan Latihan adalah para Calon Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Negeri Sipil muda dilingkungan Kementerian ESDM yang mampu berperan sebagai Penggerak Energi Tanah Air. 

Waktu pelaksanaan Angkatan I dimulai pada tanggal 13 – 17 September 2015 di Dodik Secata Rindam III, Siliwangi, Pengalengan. Pendidikan dan latihan dibagi menjadi 2 (dua) yaitu pemberian materi di luar kelas dan di dalam kelas. Materi di luar kelas meliputi kegiatan PBB (Pelatihan Baris-berbaris), Mountaineering, Games/Mindset, Caraka Malam, dan Bela Diri Militer. Materi di dalam kelas meliputi materi tentang hemat energi, kepemimpinan, dan bela negara. Usai materi, peserta diberikan waktu untuk melakukan sesi diskusi-tanya jawab dengan narasumber, bahkan untuk materi-materi tertentu peserta diperbolehkan menyela untuk bertanya pada saat penjelasan materi berlangsung. Jumlah peserta Pendidikan dan Latihan berjumlah 1128 orang yang dibagi menjadi 2 (dua) gelombang.

Pendidikan dan Latihan Penggerak Energi Tanah Air PNS dan CPNS Kementrian ESDM Tahun 2015 merupakan sarana yang baik dan memberikan manfaat bagi yang sangat luar biasa kepada PNS dan CPNS terutama dalam hal menyamakan pemahaman, kesamaan visi dan pola pikir dalam menjalankan tugas sebagai PNS.