Diklat Prajabatan

DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN III

 Di Pusdiklat Mineral dan Batubara, Bandung, Jawa Barat

 (Angkatan VI, 29 September-12 November 2015)

 

Undang-Undang ASN No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) mengamanatkan Instansi Pemerintah untuk wajib memberikan Pendidikan dan Pelatihan (diklat) terintegrasi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selama 1 (satu) tahun masa percobaan. Lembaga Administrasi Negara (LAN) ditunjuk sebagai lembaga pemerintah nonkementerian yang diberi kewenangan melakukan pengkajian dan pendidikan dan pelatihan ASN termasuk di dalamnya memberikan evaluasi terhadap ASN. Merujuk kepada kondisi ASN di lapangan saat ini yang tidak mampu untuk menanamkan dan mempraktekkan nilai dasar dalam setiap kegiatan yang dilakukannya, maka diperlukan suatu metode untuk mencapai amanah yang diinginkan oleh UU ASN No. 5 Tahun 2014 dalam bentuk aktualisasi nilai dasar PNS yaitu ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Profesi, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi).

Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS), ditetapkan bahwa salah satu jenis Diklat yang strategis untuk mewujudkan PNS sebagai bagian dari ASN yang profesional seperti tersebut di atas adalah Diklat Prajabaran. Diklat ini dilaksanakan dalam rangka membentuk nilai-nilai dasar profesi PNS. Kompetensi inilah yang kemudian berperan dalam membentuk karakter PNS yang kuar, yaitu PNS yang mampu bersikap dan bertindak profesional dalam melayani masyarakat serta berdaya saing.

Peraturan Kepala LAN No. 38 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklat Prajabatan Golongan III. Dalam penyelenggaraan Program Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Gol. III Pola Baru,  proses internalisasi nilai-nilai dasar profesi PNS dilakukan di kelas selama on campus dan kemudian akan diaktualisasikan pada saat off campus. Melalui aktualisasi, setiap peserta dituntut untuk dapat mengidentifikasi dan mendeskripsikan nilai-nilai dasar profesi PNS akan melandasi pelaksanaan setiap kegiatan peserta Diklat Prajabatan di tempat tugasnya masing-masing.

Pendidikan dan Pelatihan terintegrasi ini, berdasarkan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara memiliki tujuan untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang. UU ASN ini mengedepankan penguatan nilai-nilai dan pembangunan karakter dalam mencetak PNS.

Selain maksud yang ingin dicapai seperti yang dijelaskan diatas, Diklat Prajabatan CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memiliki tujuan agar adanya peningkatan kualitas kompetensi PNS sebagai pelayan masyarakat yang profesional, yang diindikasikan dengan kemampuan mengaktualisasikan lima nilai dasar yaitu:

1.      Kemampuan mewujudkan akuntabilitas dalam melaksanakan tugas jabatannya;

2.      Kemampuan mengedepankan kepentingan nasional dalam pelaksanaan tugas jabatannya;

3.      Kemampuan menjunjung tinggi standar etika publik dalam pelaksanaan tugas jabatannya;

4.      Kemampuan berinovasi untuk peningkatan mutu pelaksanaan tugas jabatannya; dan

5.      Kemampuan untuk tidak korupsi dan mendorong percepatan pemberantasan korupsi di lingkungan instansinya.

Disamping memiliki kemampuan mengaktualisasikan lima nilai dasar di atas, peserta Diklat Prajabatan CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral diharapkan juga memiliki kemampuan menganalisis dampak apabila kelima nilai dasar tersebut tidak diaplikasikan.

1.      Pembelajaran klasikal on campus :  29 September – 12 November 2015

2.      Aktualisasi di tempat kerja : 21 Oktober – 10 November 2015

3.      Seminar laporan dan penutupan : 11 – 12 November 2015

 

Kurikulum Diklat Prajabatan Golongan III Pola Baru

 

Rincian Mata Diklat dan Jumlah Jam Pelajarannya

 

   Foto bersama saat pembukaan Diklat Prajabatan Golongan III Angkatan VI

 

Dinamika Kelompok

Bintalsik 

 

 

Kegiatan di kelas, semua siswa aktif dalam pembelajaran secara personal dan kelompok 

Foto bersama, penutupan Diklat Prajabatan Golongan III Angkatan VI