Kunjungan Praktek Lapangan Smk Adi Sanggoro Bogor Ke Laboratorium Petrografi Pusat Sumber Daya Geologi

Penulis: Elang Somantri 

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Adi Sanggoro selaku Pembina adalah Universitas Pakuan, Bogor, yang berlokasi di jalan Sengked No. 1 Kampus IPB Darmaga Bogor salah satu SMK di Kota Bogor yang mempunyai Jurusan Geologi Pertambangan selain Jurusan Teknik Komputer dan Informatika, Tata Busana dan Mekatronika (Robotik) pada tanggal 26 Januari 2016 mengadakan kunjungan ke Pusat Sumber Daya Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Jalan Soekarno-Hatta No. 444 Bandung.

 

Kunjungan praktek lapangan ke Laboratorium Petrografi Pusat Sumber Daya Geologi Bandung merupakan agenda tahunan ke instansi Pemerintah maupun ke Perusahaan Swasta/BUMN/BUMD dan berdasarkan Standar Kompetensi dari Kementerian Pendidikan Nasional Provinsi Jawa Barat, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Adi Sanggoro Program Keahlian Geologi Pertambangan, praktek ke Laboratorium Petrografi yang ada di Pusat Sumber Daya Geologi Bandung diharapkan dapat mengaplikasikan petrografi dimana mereka dapat menentukan objek sayatan tipis batuan serta cara pembuatannya.

 

Laboratorium Pengujian Kimia-Fisika Mineral dan Batubara merupakan salah satu Sub Bidang di bawah Bidang Sarana Teknik yang telah terakreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional Nomor Registrasi : LP – 326 – IDN serta mempunyai salah satu tugas adalah Memberikan pelayanan jasa analisis kimia dan fisika kepada pihak swasta, perorangan, koperasi maupun badan usaha lainnya.  Didukung peralatan yang lengkap serta tenaga ahli terampil dan professional siap melayani masyarakat dalam membantu pengungkapan potensi kekayaan sumber daya geologi Indonesia.

 

Tahun 2016 kunjungan praktek ke Laboratorium Pengujian Kimia-Fisika Mineral dan Batubara Pusat Sumber Daya Geologi sebanyak 64 siswa/siswi dan 4 guru pembimbing sebagai koordinator kunjungan/rombongan Kepala Program Keahlian Geologi Pertambangan. Sebelum melakukan praktek sayatan tipis batuan pembimbing dan siswa/siswi diterima oleh Kepala Sub Bidang Laboratorium dilanjutkan presentasi company profile Pusat Sumber Daya Geologi dan fasilitas laboratorium oleh Kepala Urusan Preparasi Conto Fisika Mineral dan Energi Fosil, Tatik Handayani, ST., MT. selanjutnya di bagi kelompok dan msing masing kelompok untuk bisa melihat fasilitas dan peralatan laboratorium seperti AAS/ICP, OAS, MS, X-Ray dan lainnya.