Kunjungan Delegasi Geologocal Survey Of Japan Ke Psdg, Bandung Dan Pelatihan Sistem Geo-information Sharing


Kunjungan Delegasi Geological Survey of Japan ke PSDG, Bandung dan Pelatihan Sistem Geo-Information Sharing
Oleh : Qomariah

Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan kerjasama Coordinating Committee for Geoscience Programmes in East and Southeast Asia (CCOP) Geo-Information Sharing Infrastucture for East and Southeast Asia (GSi Project) mulai tahun 2015 sampai tahun 2020. Rangkain kunjungan delegasi GSJ berlangsung mulai tanggal 29 Februari 2016 sampai dengan tanggal 3 Maret 2016.  Pada tanggal 29 Februari 2016, kunjungan khusus dilakukan ke Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi dalam rangka kejasama di bidang vulkanologi.  Ruang lingkup kerjasama tersebut meliputi kompilasi informasi geo-sains negara anggota CCOP melalui pengembangan basis data terbuka berbasis web menggunakan format standar internasional dan Sistem Informasi Geografis (SIG). Delegasi dari Geological Survey of Japan (GSJ), AIST yang berkunjung ke kantor unit Badan Geologi di Bandung, Indonesia merupakan pakar SIG yaitu Dr. Shinji Takarada dan Dr. Joel C. Bandibas untuk memberikan pelatihan tentang Sistem GSi tersebut.

Sistem GSi ini sebagai sarana infrastruktur berbagi geo-informasi khususnya diantara negara-negara di Asia Timur dan Asia Tenggara juga untuk dunia. Sasaran kegiatan ini untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan melalui aplikasi ilmu pengetahuan kebumian melalui kerjasama yang dapat meningkatkan kualitas dan keahlian di bidang ilmu pengetahuan kebumian negara anggota. Proyek GSi bertujuan untuk geo-information sharing, sarana diseminasi pengetahuan geo-sains ke masyarakat, standardisasi internasional, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

 Kunjungan delegasi GSI ke kantor Pusat Sumber Daya Geologi (PSDG) pada hari selasa, tanggal 1 Maret 2016 yang didahului dengan pertemuan bersama antara pihak GSJ dan unit-unit di Badan Geologi.  Pada kesempatan kunjungan tersebut, Kepala Bidang Informasi, Ir. Denni Widhiyatna memberikan sambutannya yang dilanjutkan dengan acara presentasi tentang kegiatan yang dilakukan oleh PSDG secara umum dan terkait manajemen data di PSDG. Kegiatan selanjutnya diadakan pelatihan sistem GSi di ruang pertemuan kantor Pusat Survei Geologi pada tanggal 2 Maret 2016. Setelah selesai pelatihan, delegasi GSJ mengunjungi pos pengamatan Gunung Guntur dan Gunung Papandayan di Garut yang didampingi oleh tim dari Sekretariat Badan Geologi dan PSDG.

 

Rencana Kerja Proyek GSi 2015-2020
 
Rapat Delegasi Geological Survey of Japan (GSJ) dengan Tim Koordinator Data Badan Geologi
 

Kunjungan Delegasi GSJ ke Kantor PSDG

Makan Malam Delegasi GSJ dengan Tim PSDG dan SBG

 

Pemberian Cindera Mata dari Badan Geologi ke GSJ

Pelatihan Sistem GSi-CCOP

Kunjungan ke Pos Pengamatan Gunung Guntur, Garut

Kunjungan ke Gunung Papandayan, Garut