Methodology And Practical Discussion Of Geological And Geophysical Analysis

(Oleh: Penny Oktaviani) 

Pada tanggal 7 – 8 Maret 2016, Pusat Sumber Daya Geologi mengadakan pelatihan dengan judul “Methodology and Practical Discussion of Geological Analysis” di ruang rapat Gedung  D lantai 4. Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan kerjasama Pusat Sumber Daya Geologi dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) yang diantaranya berfokus pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia (capacity building) di bidang eksplorasi panas bumi.

Pelatihan ini ditujukan terutama bagi para ahli panas bumi di PSDG dan penyelidik bumi lainnya yang berlatar belakang ilmu kebumian. Kegiatan ini juga diikuti oleh peserta dari Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, PT. Geo Dipa Energi, dan Universitas Padjadjaran. Pelatihan diberikan oleh Profesor Taguchi dari Fukuoka University, Jepang dan dibantu oleh tenaga ahli dari JICA yaitu Mr. Yoshiyama.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Kepala Bidang Program dan Kerjasama, Ir. Dwi Nugroho Sunuhadi. Materi yang disampaikan oleh Profesor Taguchi pada hari pertama adalah mengenai geologi dan geokimia panas bumi dengan contoh kasus di lokasi panas bumi Otake, Jepang dan lokasi panas bumi Teratai Bang di Bali. Siang harinya dilanjutkan dengan diskusi mengenai alterasi hidrotermal  untuk sistem panas bumi vulkanik dengan contoh kasus di lokasi panas bumi Candradimuka, Dieng dan Wae Sano, Nusa Tenggara Timur.

Pada hari kedua, materi yang diberikan adalah  fluid inclusions untuk aplikasi pada system panas bumi dengan contoh kasus di beberapa wilayah panas bumi di Jepang. Pada siang harinya dilanjutkan dengan diskusi mengenai  sistem panas bumi non vulkanik dengan contoh kasus daerah panas bumi Lainea dan Bora Pulu.

Kegiatan pelatihan ini kemudian ditutup oleh Kepala Sub Bidang Kerjasama dengan ditandai oleh pemberian souvenir kepada Profesor Taguchi dan Mr. Yoshiyama, serta pembagian sertifikat pelatihan kepada para peserta. 

 

 Suasana kegiatan pelatihan.

 

 Foto bersama sebagian peserta pelatihan dengan pengajar.