Asean - China Workshop/training Integrated On Geological Data Processing

Oleh: R. Maria Ulfa

ASEAN - China Workshop/Training Integrated on Geological Data Processing (IGDP) diselenggarakan pada tanggal 1 – 7 Maret 2016 di Beijing – China. Acara ini merupakan projek awal dari kerjasama Survei Geologi China dan ASEAN dengan dana dari ASEAN-China Cooperation Fund (ACCF) di tahun ini. Peserta terdiri dari 22 orang yang berasal delapan negara ASEAN, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Myanmar, Vietnam, Laos, dan Kamboja. 

 
Peserta Workshop/Training IGDP di Beijing, China

Workshop/training ini terdiri dari dua bagian yaitu kuliah dan kursus pelatihan aplikasi penggunaan software dalam survei geologi dan eksplorasi mineral di Beijing dan kunjungan ke ASEAN-China Expo serta Survei Geologi, Institut Guangxi di Nanning. 
Sasaran dari projek antara lain membangun penyetaraan kapasitas integrasi dan proses data geologi, dengan cara menyelenggarakan kursus/workshop/training menggunakan teknologi dan software dari China dan seluruh dunia, dan membangun platform untuk pertukaran teknis diantara negara anggota ASEAN dan China dalam survei geologi dan eksplorasi mineral.
Workshop/Training IGDP ini lebih memfokuskan pada metodologi dan aplikasi software dalam memproses data geologi, geokimia, dan geofisika dan interpretasinya dengan data eksplorasi mineral, peta dan informasi. Beberapa ahli dari Survei Geologi China dan Profesor dari Universitas Leed, Inggris, merupakan narasumber dalam kegiatan ini. 
?
Materi yang diberikan antara lain :
1. Geophysical exploration activity for mineral in China By Prof. Zhang Minghua.
2. Geochemical exploration and activity in China By Prof. Wang Xueqiu
3. Geochemical survey and assessment of land quality in ChinaBy Prof. Zhou Guohua.
4. Advances in gravity and magnetic, processing and interpretation By Prof. J Derek Fairhead.
5. Geological database and data sharing one geology China data processing and release techniques By Dr. Liu Rongmei.
6. Introduction of RGIS-IGDP sofware By Prof. Zhang minghua, Dr. Liu Ling, Dr. Wang Chengxi, Dr. Qiao Jihua, Dr. Qu Niannian, and Dr. Yuhailong
7. New ASEAN Minerals cooperation action plans (AMCAP) 2016 - 2020 By Rabiah Al Adawiyah. 

 
Prof J. Derek Fairhead Memberikan Materi Mengenai Survei Geofisika

China telah mengembangkan suatu aplikasi software yang diberi nama RGIS. Software tersebut mengintegrasikan data geofisika dan geokimia dalam suvei geologi dan eksplorasi mineral. Metode dan teknik survei geofisika yang telah dilakukan oleh China adalah Geofisika Airborne, Geofisika Tanah, dan Geofisika lubang bor. Lebih dari 500 endapan telah ditemukan selama 1999 – 2000 dengan eksplorasi geofisika. Selain itu China pun telah melakukan survei geokimia di hampir seluruh wilayahnya. Software RGIS ini mempermudah pengolahan data hasil survei geofisika dan geokimia tersebut, sehingga meningkatkan penemuan endapan mineral. 
Workshop/Training ini merupakan ajang memperkenalkan software RGIS tersebut, diharapkan negara-negara anggota ASEAN dapat mempergunakan software ini untuk kebutuhan survei geologi dan eksplorasi mineral di negaranya masing-masing dan memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya. Kegiatan ini diakhiri dengan kunjungan ke Survei Geologi Institut Guanxi dan ACEXPO di Nanning.
 
 
Kunjungan ke Survei Geologi Institut Guanxi