Kunjungan Smk Smti Padang

PRAKTEK LAPANGAN SMK SMTI-PADANG SUMATERA BARAT
MELAKUKAN KUNJUNGAN KE PUSAT SUMBER DAYA GEOLOGI BANDUNG
Oleh : Wiwi Resmiasih
 
 
Salah satu program dalam kalender Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMTI Padang, Sumatera Barat Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah melaksanakan Kunjungan Praktek ke beberapa Instansi Pemerintah dan Perusahaan industri yang ada di daerah Pulau Jawa. Pada tanggal 8 April 2016 mengadakan kunjungan ke Pusat Sumber Daya Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Jalan Soekarno-Hatta No. 444 Bandung.

Dalam rangka mewujudkan Visi SMTI Padang diatas, maka Misi yang akan diemban adalah:
1.    Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dalam program keahlian Kimia  bertaraf internasional terutama kimia industri yang profesional, produktif, terampil dan mandiri, serta memiliki  jiwa  wirausaha.
2.    Meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan manajemen sekolah dengan mengacu kepada SMM ISO 9001:2008.
3.    Menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran.
4.    Melaksanakan pembinaan bagi tenaga pendidik dan kependidikan.
5.    Melaksanakan kerja sama dengan dunia usaha & dunia industri, lembaga pemerintah, masyarakat serta stake holder lainnya.
6.    Meningkatkan kualitas pembinaan peserta didik dalam mewujudkan manusia yang memiliki Imtaq dan menguasai Iptek.

Tujuan kunjungan Praktek Lapangan Sekolah Menengah Kejuruan SMTI Padang, dalam rangka menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman siswa terhadap dunia usaha dan dunia industri serta menyinkronkan ilmu yang telah diperoleh di sekolah dan mengimplementasikannya di lapangan kerja.

Kunjungan praktek lapangan ke Laboratorium Pusat Sumber Daya Geologi Bandung merupakan agenda tahunan ke instansi Pemerintah maupun ke Perusahaan Industri. Tahun 2016 kunjungan praktek ke Laboratorium Pusat Sumber Daya Geologi sebanyak 50 siswa/siswi dan 2 guru pembimbing sebagai koordinator kunjungan/rombongan Kepala Program. Sebelum melakukan praktek lapangan pembimbing dan siswa/siswi diterima oleh Kepala Pusat Sumber Daya Geologi dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Ir. Herry Rodiana Eddy , M.Si. dilanjutkan presentasi company profile Pusat Sumber Daya Geologi oleh Staf Sub BidangPengembangan Informasi, Qomariah, S.Kom., MT. dilanjutkan kunjungan dan melihat fasilitas dan Peralatan Sub Bidang Laboratorium Bidang Sarana Teknik selanjutnya di bagi 4 kelompok sesuai sarana yang ada di gedung B lanta1 sampai dengan lantai 4.

Laboratorium merupakan salah satu Sub Bidang di bawah Bidang Sarana Teknik yang telah terakreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional Nomor Registrasi : LP – 326 – IDN serta mempunyai salah satu tugas adalah Memberikan pelayanan jasa analisis kimia dan fisika kepada pihak swasta, perorangan, koperasi maupun badan usaha lainnya.  Didukung peralatan yang lengkap serta tenaga ahli terampil dan professional siap melayani masyarakat dalam membantu pengungkapan potensi kekayaan sumber daya geologi Indonesia. 
 
 
 
 Foto Bersama Kepala Bagian Tata Usaha PSDG Dengan Guru dan Siswa/i SMK SMTI Padang
 
 
 
Penerimaan Siswa/i SMK SMTI Padang di Auditorium untuk diperkenalkan profil PSDG
 
 
 
Kunjungan Siswa/i SMK SMTI Padang ke Laboratorium PSDG