Pengelolaan Dan Publikasi Data Spasial Badan Geologi

Pengelolaan dan Publikasi Data Spasial Badan Geologi
 Melalui Acara Pendidikan dan Pelatihan Web GIS Angkatan II

 
Oleh : Qomariah
 
 Kegiatan Program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) WebGIS dilaksanakan dalam rangka memenuhi standar kompetensi jabatan serta meningkatkan keahlian dan pengetahuan bagi pegawai di lingkungan Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).  Kegiatan ini berlokasi di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Geologi Bandung di Jalan Cisitu Lama No.37, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Penyelenggaraan diklat berlangsung dari tanggal 9 - 14 Mei 2016.  Pengajar diklat berasal berasal dari Badan Informasi Geospasial dan Badan Geologi.  Peserta yang mengikuti diklat webGIS angkatan 2 sebanyak 11 orang berasal dari lingkungan Badan Geologi, KESDM.

Materi pembelajaran dan diskusi yang disampaikan oleh 2 orang narasumber, yaitu  :
1.    Dadang Arifin dari Badan Informasi Geospasial;
2.    Akbar Cita dari Badan Geologi.

Metode penyelenggaraan Diklat WebGIS meliputi :
a.    Penyampaian materi di dalam kelas oleh Widyaiswara;
b.    Diskusi kelompok;
c.    Praktek di kelas;
d.    Praktek di laboratorium komputer;
e.    Pemantauan dan evaluasi;
f.    Penerapan ilmu dengan tugas proyek dan seminar.

Materi pembelajaran Diklat WebGIS meliputi :
a.    Konsep Infrastruktur Geospasial Nasional
Materi ini meliputi dasar hukum keterbukaan informasi publik dan kebijakan satu peta, tantangan dan peluang Badan Geologi dalam kebijakan satu peta, kondisi Web GIS di Badan Geologi, Konsep Infrastruktur Informasi Geospasial (GSi Project).
b.    Pengantar SIG Berbasis Web
Materi ini meliputi istilah dan komponen yang diperlukan dalam membangun Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis web.
c.    Pengenalan Standard/Framework Web GIS
Materi ini meliputi Standar Web GIS, Framework Web GIS, dan perangkat lunak yang digunakan untuk pengelolaan Web GIS yang berbayar dengan ArcGIS Dekstop, ArcGIS Server, SilverLight dan open source dengan LancarMapper berbasis GeoServer.
d.    Penyiapan dan Pengelolaan data spasial berbasis file dan basis data spasial
Materi ini mencakup format data dalam SIG dan WebGIS, referensi data spasial, visualisasi peta dan atribut, simbologi, label, multimedia dan interoperabilitas yang terkait dalam pengolahan data spasial. Praktikum di laboratorium komputer dilakukan mulai dari instalasi perangkat lunak SIG dan pengolahan dasar data spasial menggunakan ArcMap 10.2. dan QGIS.
e.    Pengolahan dan Publikasi data spasial berbasis web
Materi ini meliputi praktikum di laboratorium tentang instalasi virtual machine dengan VMWare yang dibundel dengan ArcGIS Server, SilverLight dan LancarMapper. Setelah instalasi dilakukan percobaan bagaimana melakukan pubikasi data spasial di web dengan server lokal.
f.    Proyek dan Seminar/Presentasi
Materi ini mencakup tugas kelompok dalam penerapan hasil diklat secara keseluruhan dengan tema yang berbeda, yaitu Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi di Indonesia, Stasiun Pengamatan Gunung Merapi di Yogyakarta, Pos Pengamatan Gunung Api di Pulau Jawa.  Tahapan pengerjaan dimulai dari akuisisi data, pengolahan data spasial berbasis file dengan ArcGIS dan QGIS, desain publikasi data spasial di web dengan ArcGIS API, SilverLight, dan LancarMapper, menampilkan hasil pengolahan data spasial di web. Hasil akhir proyek diunggah di infogeospasial.com/esdm. Tugas kelompok tersebut dibuat dipresentasikan dalam seminar.

Diklat WebGIS sangat bermanfaat untuk bekal pengetahuan pegawai dalam pengelolaan dan publikasi data spasial di lingkungan Badan Geologi, KESDM.  Hasil Publikasi WebGIS dapat digunakan untuk publikasi data bidang geologi dalam melaksanakan Kebijakan Satu Peta. Perlunya GeoPortal ESDM untuk menampilkan semua data yang dihasilkan di lingkungan KESDM beserta informasi dari walidata agar dapat dilakukan secara berkesinambungan.

Suasana belajar di kelas
 
Narasumber dari Badan Informasi Geospasial
 
 
 Suasana praktek di laboratorium komputer
 
Hasil Proyek Akhir Data Web GIS Kantor Dinas ESDM Provinsi di Indonesia
 
Seminar dan presentasi kelompok
 
 Penutupan