Wajah Baru Website Pusat Sumber Daya Geologi

Wajah Baru Website Pusat Sumber Daya Geologi

Oleh : Firdaus Octavira


Seiring kemajuan teknologi, dan kemudahan akses internet dari berbagai device, secara tidak langsung menuntut adanya perubahan dari layout website yang ada di lingkungan Badan Geologi. Oleh sebab itu, sejak semester II tahun 2015, para pengelola website di lingkungan Badan Geologi mulai melakukan inisiasi terhadap rancangan tampilan baru website yang ada di lingkungan Badan Geologi.

Setelah melalui proses yang cukup panjang, dengan mendengar berbagai masukan baik dari para pengelola informasi di lingkungan Badan Geologi maupun pihak di luar lingkungan pengelola informasi Badan Geologi, akhirnya pada tahun 2016 ini, perubahan tampilan website di lingkungan Badan Geologi dapat diimplementasikan.

Bertempat di kantor BPPTKG (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi), Jl. Cendana No.15, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tanggal 30 Mei 2016 – 2 Juni 2016, para pengelola Informasi dari berbagai pusat di lingkungan Badan Geologi berkumpul untuk melakukan implementasi terhadap rancangan tampilan baru website di lingkungan Badan Geologi yang telah disetujui sebelumnya.
Desain tampilan baru dari website-website di lingkungan Badan Geologi telah disepakati menggunakan template yang seragam. Desain tampilan baru ini pula telah mengakomodasi bila kelak pengunjung mengakses website-website di lingkungan Badan Geologi tidak dari layar monitor komputer, tapi dari handphone atau tablet. Dari beberapa pusat yang berada di bawah Badan Geologi, yang sudah selesai melakukan re-design websitenya adalah Pusat Survei Geologi yang juga bertugas untuk merancang layout-nya serta Pusat Sumber Daya Geologi. Sedangkan beberapa pusat lainnya serta sekertariat Badan Geologi masih dalam proses pengerjaan. Hal ini terutama disebabkan oleh kendala-kendala yang bersifat teknis.

Diharapkan dengan tampilan website yang baru di lingkungan Badan Geologi pada umumnya dan Pusat Sumber Daya Geologi pada khususnya, akan semakin memudahkan user atau pengunjung website dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

Tampilan website Pusat Sumber Daya Geologi semula seperti berikut:

 

Kini berubah menjadi Versi PC :

 

 

Jika diakses dengan menggunakan handphone :

 

 

Jika tombol menu di klik pada layar handphone, akan menjadi :