Pameran 8th Indogreen Environment

Pameran 8th IndoGreen Environment
 
Oleh : Firdaus Octavira
 
 
 “IndoGreen Environment & Foresty Expo” merupakan pameran bertemakan lingkungan dan kehutanan terbesar di Indonesia yang terselenggara sejak tahun 2009. Pameran ini menampilkan potensi-potensi sektor kehutanan, pengelolaan lingkungan dan pelestarian lingkungan. Pameran ini juga sebagai sarana mensosialisasikan program dan tindakan nyata pemerintah dan swasta dalam pengelolaan kawasan hutan berkelanjutan termasuk reklamasi hutan dan lahan bekas tambang, serta pemanfaatan sumber daya energi yang ramah lingkungan.
    Untuk tahun 2016, acara ini berlangsung mulai tanggal 26 Mei - 29 Mei 2016, di Exhibition Hall B, Jakarta Convention Center, Jakarta. ”8th IndoGreen Environment & Forestry Expo 2016” diselenggarakan untuk mengimplementasikan program pemerintah 2014-2019 di bidang lingkungan hidup dan kehutanan dengan tema ”Gotong Royong Mewujudkan Kelestarian Lingkungan dan Hutan untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan” dan penguatan budaya lokal serta mendukung upaya merealisasikan Konsep Gaya Hidup yang Hijau Menuju Indonesia Hijau (Green Living Style for Better Future). Selama pameran akan ditampilkan produk dan jasa bidang kehutanan, sosialisasi program-program pemerintah dan swasta yang ramah lingkungan, produk dan jasa yang ramah lingkungan dalam kehidupan masyarakat dan bernegara serta berbagai kegiatan menarik yang penting untuk diikuti seperti workshop, talkshow dan simulasi pengenalan manfaat hutan serta lingkungan bagi kehidupan sekarang dan mendatang dengan mewujudkan Indonesia yang hijau.

     Pameran ini diikuti oleh berbagai kalangan peserta baik dari pemerintah maupun swasta/BUMN, antara lain : Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan; Pemerintah Daerah: Dinas Kehutanan, Dinas Perkebunan, Bappedal, Bappeda, UPT Lingkup LHK (BKSDA dan Taman Nasional), Propinsi, Kabupaten/Kotamadya; BUMN Sektor Kehutanan dan Perkebunan; Industri, Hutan Alam dan Restorasi Ekosistem; Pengusaha Kayu, Rotan, madu, Sutra Alam dan Gaharu; Perusahaan Furniture Ramah Lingkungan; Asosiasi Kayu, Furniture, dll; Perusahaan Biofarmaka; Perusahaan Pulp & Paper; LSM/NGO; Perusahaan Otomotif Ramah Lingkungan; Perusahaan Elektronik Produsen Peralatan Rumah Tangga dan Perkantoran yang Ramah Lingkungan; Perusahaan Pengembang Perumahan dan Infrastuktur lainnya; Perusahaan Perkebunan; Pengelola Wisata Alam dan Agrowisata; Badan Riset dan Pengembangan Hasil Hutan; Institusi Pendanaan; Perguruan Tinggi; Lembaga Penelitian; Geospacial; Perusahaan Pertambangan dan Panas Bumi di Kawasan Hutan; Perusahaan Minyak dan Gas Bumi; Forum Reklamasi Pertambangan; Lembaga Konservasi; Asosiasi-Asosiasi Kehutanan; Industri Pengelola Limbah dan Sampah/Bahan Beracun Berbahaya (B3)
Industri Pangan dan Energi Rendah Emisi; Industri Alat Pendingin Udara Rendah Emisi dsb.
    
Untuk materi pameran ini, diantaranya :

•    Informasi hutan di Indonesia
•    Informasi lahan hutan lindung, hutan produksi dan hutan tanaman industri
•    Hasil-hasil hutan: kayu, bubur kayu, kertas, rotan, gondorukem, tumbuhan obat, getah-getahan, dll.
•    Produk-produk non kayu: usaha perlebahan, biofarmaka, dll.
•    Program-program corporate development di bidang kehutanan, teknologi baru bidang pengelolaan
•    Program Corporate Social Responsibility (CSR)
•    Produk dan jasa ramah lingkungan, industri panas bumi
•    Program-progam perbaikan hutan
•    Potensi wisata alam dan agrowisata hutan
•    Flora dan flona langka
•    Teknologi pengolahan kayu dan rotan
•    Teknolgi pengolahan pulp & paper
•    Teknologi pengelolaan lingkungan dan limbah:
- Teknologi pengomposan
- Daur ulang sampah plastik dan kertas
- Teknologi pembakaran sampah dan insenator
- Teknologi pengolahan sampah organik menjadi pakan ternak
- Teknologi tempat pembuangan akhir (TPS) sampah
•    Sustainable management
•    Energi
•    Jasa Pelayanan
•    Komunikasi dan Media
•    Transportasi dan Logistik
•    Informasi Produk Rumah Tangga, Perkantoran dan Pemerintahan Ramah Lingkungan
•    Produk-produk Otomotif, Perumahan, Perkantoran Ramah lingkungan
•    Perhotelan yang berkonsep Ramah Lingkungan
•    Informasi mengenai gerakan penghijauan lingkungan

Pusat Sumber Daya Geologi, bersama-sama dengan pusat-pusat lain dibawah Badan Geologi pun turut menjadi peserta dalam acara pameran yang berlangsung selama 4 hari ini. Materi yang ditampilkan oleh Badan Geologi pada kesempatan kali ini terutama yang berhubungan dengan sumber energi panas bumi, aktivitas kegempaan atau gunung meletus, informasi mengenai museum geologi, informasi mengenai air tanah, dll.
Diharapkan dengan keikutsertaan Badan Geologi dalam acara ini, data dan informasi yang berkaitan dengan materi yang ditampilkan oleh Badan Geologi dapat menambah wawasan pengunjung pameran, menarik para investor, dan pada akhirnya dapat mendatangkan manfaat nyata pada pembangunan perekonomian serta kesejahteraan bangsa.
 
 
 
Pintu masuk ”8th IndoGreen Environment & Forestry Expo 2016” 
 
 
Pembukaan Acara IndoGreen Expo 2016 oleh Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah,  Ir. Ilyas Assad, MP.,MH
 

Suasana dalam pameran ”8th IndoGreen Environment & Forestry Expo 2016”  
 

 Stand Pusat Sumber Daya Geologi dan Badan Geologi

 
Tim Pameran dari Pusat Sumber Daya Geologi sedang memberi penjelasan kunjungan Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah di Stand Pusat Sumber Daya Geologi, Badan Geologi

 
Petugas Pameran dari Badan Geologi tampak sedang memberikan souvenir kepada pengunjung