Kunjungan Lapangan Ke Lokasi Pengeboran Cbm Di Daerah Ampah

Kunjungan Lapangan Ke Lokasi Pengeboran Cbm Di Daerah Ampah, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah Dalam Rangka Kegiatan Kerja Sama Badan Geologi – Jabatan Mineral Dan Geosain Malaysia

Oleh: Penny Oktaviani


Nota Kesepakatan atau MoU antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Malaysia dalam rangka KerjaSama Teknik dan Saintifik dalam Bidang Geologi dan Sumber Daya Mineral (Scientific and Technical Co-Operation in The Field of Geology and Mineral Resources) telah ditandatangani pada tanggal 22 Maret 2010 dan merupakan dasar kerjasama antara Pemerintah Malaysia diwakili oleh Jabatan Mineral dan Geosains - Malaysia, (JMG) sedang dari Pemerintah Indonesia diwakili oleh Badan Geologi (BG).Implementasi dari MoU tersebut telah menghasilkan empat Working Group, salah satu diantaranya adalah Indonesia-Malaysia Mineral and Energy Resources Working Group, untuk bidang ini pelaksanaannya dilakukan oleh Pusat Sumber Daya Geologi (PSDG).

Pada tahun 2016, dilaksanakan kegiatan ”Site Visit to CBM Drilling Project” yang berlokasi di Daerah Ampah, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini termasuk ke dalam capacity building pada Working Group Mineral and Energy Resources di bidang eksplorasi CBM, mengingat Indonesia telah lebih dahulu melaksanakan kegiatan eksplorasi CBM dibandingkan dengan Malaysia yang baru mendalami bidang ini.


Kegiatan ”Site Visit to CBM Drilling Project” dilakukan pada tanggal 22 – 26 Mei 2016. Pada saat yang sama, Pusat Sumber Daya Geologi tengah melaksanakan pengeboran CBM di daerah Ampah, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Pihak JMG Malaysia merasa tertarik untuk mempelajari kegiatan eksplorasi CBM, kemudian meminta untuk melakukan kegiatan kunjungan untuk mempelajari kegiatan ekaplorasi CBM dan proses preparasi contonya. Pelaksanaan kegiatan kunjungan dilakukan oleh dua orang geologiwan dari JMG Sabah, Malaysia.


Pada kegiatan kunjungan ini, pihak JMG Malaysia mempelajari tahapan-tahapan kegiatan eksplorasi CBM, khususnya pada saat pengeboran dan preparasi conto. Mulai dari cara memasukkan conto inti pemboran batubara kedalam canister hingga proses preparasi dan pengukuran gas metan yang terkandung dalam batubara tersebut.


Selama kegiatan kunjungan, personil dari JMG mendapat penjelasan mengenai proses eksplorasi dari geologist PSDG yaitu Ibu Fatimah dan Bapak Rahmat Hidayat. Sedangkan untuk proses preparasi conto dan pengukuran gas dijelaskan oleh Ibu Nelly Susanna dan Bapak Harri dari tim pengukuran CBM.

Kegiatan kunjungan kelokasi pengeboran CBM di daerah Ampah, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah sangat bermanfaat bagi pihak JMG Malaysia.Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, pihak JMG Malaysia akan melaksanakan kegiatan pelatihan CBM pada bulanJuli di Tawau, Sabah. Pada kegiatan tersebut, JMG Malaysia akan mengundang dua orang ahli dari Pusat Sumber Daya Geologi untuk menjadi narasumber dalam kegiatan pelatihan tersebut.


Gambar 1. Conto inti pemboran (core) yang baru diangkat dari mesin bor.

 
Gambar 2.  Penjelasan mengenai proses preparasi conto dari Ibu Nelly Susanna, staf laboratorium CBM.

 
Gambar 3. Water bath untuk mengukur kadar gas metan dalam batubara.


Gambar 4. Personil JMG berdiskusi mengenai cara pengukuran gas metan Q3.


Gambar 5. Berfoto dengana lat crusher untuk menghaluskan conto batubara.


Gambar 6. Foto bersama tim pengeboran CBM dengan personil JMG Malaysia, didampingi oleh tim kerjasama dari Bidang Program dan KerjaSama PSDG.