Buka Puasa Bersama Dan Santunan Duafa Ramadhan 1437h Pusat Sumber Daya Geologi Bandung

Buka Puasa Bersama Dan Santunan Duafa Ramadhan 1437h Pusat Sumber Daya Geologi Bandung

Oleh : Elang Soemantri 

Sebagai agenda tahunan setiap bulan Ramadhan Pusat Sumber Daya Geologi bekerja sama dengan DKM  Al – Ardh PSDG mengadakan acara Buka Puasa Bersama dan Pemberian Santunan Duafa kepada Yayasan Yatim Piatu serta pemberian kadeudeuh terhadap Tenaga Kebersihan (Cleaning Service) dan Satuan Pengamanan (SATPAM) di lingkungan Pusat Sumber Daya Geologi. Tahun 2016 diselenggarakan pada tanggal 24 Juni 2016 di Masjid Al-Ardh Pusat Sumber Daya Geologi Jalan Soekarno-Hatta Nomor 444 Bandung. Dihadiri oleh Para Pejabat, Pegawai, Pengurus KORPRI, Pengurus Dharma Wanita Persatuan turut serta Para Mahasiswa dan Siswa-siswi Praktek Kerja Lapangan dari Perguruan Tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan.
 
Dalam sambutan Kepala Pusat Sumber Daya Geologi, Hedi Hidayat selaku Pribadi dan Pimpinan mengucapkan selamat berbuka puasa dan terima kasih kepada Para Pejabat, Pegawai, Pengurus KORPRI, dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan yang telah hadir dan membantu baik moril maupun materil untuk acara Buka Puasa Bersama dan Pemberian Santunan, tuturnya. Disamping itu, Kepala Pusat, menginformasikan bahwa Kementerian ESDM khususnya Badan Geologi akan ada perubahan nama Unit eselon II semula diatur oleh Peraturan Menteri  ESDM Nomor 18 Tahun 2010 menjadi Permen ESDM Nomor 13 Tahun 2016 Contoh Susunan Organisasi unit esleon II sebelumnya Pusat Sumber Daya Geologi dirubah menjadi Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara, dan Panas Bumi, sehingga sudah barang tentu Tugas dan Fungsinya akan berubah pula diharapkan nanti seluruh pegawai selalu siap dan dapat menyesuaikan dengan Tusi unit yang baru.

Dalam rangkaian acara Buka Puasa Bersama dan Pemberian Santunan Duafa diakhiri oleh Tausyiah dan doa narasumber dari Bimbingan Mental TNI Kodam III Siliwangi Bandung, Jawa Barat, Kolonel H. Asep Sodikin. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, penuh rahmat, maghfiroh, dan limpahan pahala dari Allah SWT. Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an, kalam Ilahi yang berfungsi sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi orang-orang yang menginginkan keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. tuturnya.

Seperti lazim diketahui, ada banyak perubahan yang terjadi pada saat bulan Ramadhan tiba. Jika kita amati, banyak intansi pemerintah di bulan Ramadhan mengurangi durasi waktu produksinya atau waktu pelayanannya. Sehingga pegawainya bisa pulang lebih awal. Misal, kantor pelayanan publik. Di hari biasa, kantor ini melayani masyarakat penuh mulai pagi hingga siang menjelang sore. Dan lembaga pendidikan, yang biasanya pulang jam 1 atau jam 2, selama bulan puasa dikurangi jam belajarnya dengan pulang agak siang. Sementara, bagi petani pun juga seperti itu. Yang biasanya pulang agak sore karena menunggu tanamannya harus mengawali pulangnya karena harus berbuka puasa.Ada banyak aktivitas ruhiyah yang umat Muslim lakukan pada saat Ramadan. Dari iktikaf di masjid, salat tarawih, tadarus Alquran, dan aktivitas lain yang bermanfaat dan mendatangkan pahala.

 

 

 

Kepala Pusat Sumber Daya Geologi, Ir. Hedi Hidayat, M.Si. didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan dalam acara Buka Puasa Bersama dan Pemberian Santunan Duafa di Masjid Al-Ardh Pusat Sumber Daya Geologi Bandung, 24 Juni 2016