Mudik Lebaran Bersama Keluarga Badan Geologi Hari Raya Idulfitri 1437h Tahun 2016

Mudik Lebaran Bersama Keluarga Badan Geologi Hari Raya Idulfitri 1437H Tahun 2016

Oleh : Elang Soemantri


Kepala Badan Geologi yang diwakili oleh Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kasbani melepas 137 orang keluarga ESDM di lingkungan Badan Geologi dan Unit Eselon II  se-Bandung Raya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mudik lebaran bersama ke sejumlah tujuan dengan armada 3 bus dan 1 Minibus pada hari Jumat 1 Juli 2016 di halaman Gedung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Jalan Diponegoro No. 57 Bandung. Dalam Sambutannya Kepala Badan Geologi, sesaat sebelum melepas peserta mudik bertempat di ruang Auditorium Geologi berpesan kepada peserta mudik agar dapat menjaga kesehatan sehingga dapat memanfaatkan momentum silaturahminya.  Jaga kesehatan jangan sampai sesampainya di kampung halaman malah sakit dan kepada awak bus para pengemudi jaga keselamatan paling penting.  Tidak ada gunanya cepat kalau pas disana ada masalah-masalah.

Mudik Bersama bagi para pegawai di lingkungan Kementerian ESDM merupakan salah satu kegiatan rutin yang setiap tahun dilaksanakan Kementerian ESDM khusus untuk pegawai golongan I, II dan tenaga honorer yang akan merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halamanya masing-masing. Angkutan disediakan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun dan bagi keluarga yang akan mudik diberikan empat sampai lima tempat duduk.
Route Bus Angkutan Mudik Lebaran Badan Geologi,  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun 2016/1437 H ada 3 Route, antara lain :
   
Jalur Utara (Akhir tujuan Surabaya)
Bandung – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalogan – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang – Tuban – Lamongan – Gresik – Surabaya

Jalur Selatan (Akhir tujuan Malang)
Bandung – Garut – Tasikmalaya – Banjar – Kebumen – Purworejo – Yogyakarta – Klaten – Wonogiri – Ponorogo – Trenggalek – Tulungagung – Malang

Jalur Selatan ( Akhir tujuan Solo)
Bandung – Garut – Tarikmalaya – Banjar – Ajibarang – Purwokerto – Kebumen –Yogyakarta – Sukoharjo - Solo

Secara serempak Menteri   Energi dan Sumber Daya Mineral,  Sudirman Said melepas 1. 358 keluarga ESDM mudik bersama ke sejumlah tujuan, di halaman Gedung Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan 18 Jakarta Selatan Dengan menggunakan 28 unit bus dan dibagi menjadi 25 unit bus berangkat dari Jakarta 3 unit bus dan 1 Minibus diberangkatkan dari Bandung.  Kementerian ESDM sebagai wujud kepedulian bagi karyawan golongan I, dan II, honorer, pensiunan, pekerja paruh waktu  beserta keluarga masing-masing. Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara Kementerian ESDM dengan BUMN-BUMN sektor ESDM yang telah berjalan sejak tahun 2014.  Armada bus-bus tersebut merupakan sumbangan (sponsorship)  di antaranya PT. Pertamina (Persero), PT. PLN (Persero), PT. PGN (Persero), PT. Tambang Batubara Bukit Asam Tbk., PT. Aneka Tambang (Antam) Tbk., serta PT. Timah Tbk.  Bentuk apresiasi sinergi yang telah dilakukan antara Kementerian ESDM dengan BUMN-BUMN sektor energi dan sumber daya mineral, yang telah selama 3 tahun terakhr ini mampu menyediakan sarana angkutan mudik yang nyaman bagi keluarga Kementerian ESDM.