Sekolah Unggul Bertaraf Internasional Studi Banding

Sekolah Unggul Bertaraf Internasional Studi Banding Ke Laboratorium  Metode Standar Internasional

Oleh : Elang Soemantri

Dengan Fasilitas, sarana, metoda maupun peralatan untuk menghasilkan nilai tambah bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang professional dalam mendukung pelayanan jasa laboratorium yang ada di Laboratorium Pusat Sumber Daya Geologi dan sebagai Laboratorium Metode Standar Internasional, dengan alasan tersebut SMK SMTI Padang, Sumatera Barat pada pada bulan April 2016 mengadakan kunjungan ke Pusat Sumber Daya Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Jalan Soekarno-Hatta No. 444 Bandung, dengan jumlah rombongan siswa 50 orang dan Guru Pembimbing 2 orang. Sedangkan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam satu minggu sebelum ke Pusat Sumber Daya Geologi mulai perjalanan dari Padang, Cilegon, Yogyakarta, dan Jakarta serta Studi Banding ke  Sekolah Menengah Kejuruan SMTI Yogyakarta.
Sebagai laboratorium yang telah terakreditasi dengan menggunakan metode standar internasional dalam operasinya, terutama untuk mempertahankan kualitas analisis yang dihasilkan.  Disamping itu juga tergabung dalam ikatan kerjasama cek antar laboratorium (Cross Check Analysis) baik dalam maupun di luar negeri. Laboratorium dimaksud adalah Laboratorium Pusat Sumber Daya Geologi terakreditasi Komite Akreditasi Nasional Nomor Registrasi : LP-326-IDN. Gedung Laboratorium bangunan 6 lantai dengan luas 5.071.02 M2 yang dilengkapi dengan sarana antara lain Compressed Air Central, Exhaust System dan Computerized System (LAN System). Laboratorium Pusat Sumber Daya Geologi adalah salah satu Sub Bidang di bawah Bidang Sarana Teknik, Pusat Sumber Daya Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta No. 444 Bandung, Jawa Barat.

Laboratorium Pusat Sumber Daya Geologi memberikan solusi bagi instansi pemerintah maupun swasta untuk pengujian dan analisa mineral dalam biang industry umum khusunya industry pertambangan. Pengujian dan analisis yang tepat memberikan pemahaman lebih baik dalam berinvestasi dan pengolahan sumber daya alam secara bijak dan bertanggungjawab serta mempunyai tugas :
Melakukan pengujian kimia dan fisika conto mineral logam/bukan logam, batuan, panas bumi, bitumen padat/oil shale, batubara, gambut dan coal bed methane (CBM).
Memberikan pelayanan jasa analisis kimia dan fisika kepada pihak pemerintah dan swasta (perorangan, koperasimaupun badan usaha lainnya).
Mengembangkan sarana dan metode analisis kimia dan fisika
Menyusun laporan hasil analisis, kegiatan penyelidikan dan penelitian yang menunjang tugas dan fungsi Pusat Sumber Daya Geologi.
Profil dan Prestasi Siswa
 
LKS Tingkat Nasional 2010
Untuk tahun kedua SMTI Padang mewakili Sumatera Barat dalam ajang bergengsi siswa SMK yaitu LKS Tingkat Nasional ke-XVIII tahun 2010 di Jakarta. SMTI Padang yang mengikuti Lomba Bidang Chemistry yang diwakili oleh Yudi Harianto telah berhasil meraih medali Perunggu pada ajang lomaba tersebut. Alhamdulillah untuk kedua kalinya SMTI Padang mengukir prestasi di tingkat Nasional.

LKS Tingkat Nasional tahun 2009
Untuk pertama kalinya SMTI Padang mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) pada tahun 2009. SMTI Padang diwakili oleh Hamidah, yang secara langsung juga mewakili propinsi Sumatera Barat dalam bidang Chemistry. Alhamdulillah SMTI Padang berhasil meraih medali perak di even tingkat nasional tersebut. Atas prestasi cemerlangnya tersebut Hamidah langsung direkomendasikan menjadi mahasiswa Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) Kementerian Perindustrian di Akademi Kimia Analis (AKA) Bogor

Visi SMK SMTI Padang adalah “Menjadi Sekolah Unggul Bertaraf Internasional Pilihan Masyarakat yang Profesional dalam Keahlian Kimia  Industri pada Tahun 2014 “.
Pernyataan visi diatas menggambarkan tekad dan komitmen SDM SMTI Padang untuk menjadi lembaga pendidikan atau sekolah yang professional sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Dari visi tersebut diatas dapat diuraikan hal-hal sebagai berikut:
1.    Sekolah Unggul
Mampu menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat  dan stakeholder melalui program-program unggulan  dengan pelayanan yang memuaskan.
2.    Bertaraf Internasional
Kurikulum pendidikan dan pengajaran disesuaikan dengan kriteria  12 janji kinerja Sekolah Bertaraf Internasional untuk memenuhi tuntutan dunia usaha dan perubahan teknologi yang mengglobal.
3.    Pilihan Masyarakat.
Dengan didapatkannya predikat sekolah unggul bertaraf internasional, maka sekolah mempunyai daya saing yang cukup tinggi terhadap kompetitor lainnya, sehingga menjadi sekolah pilihan masyarakat, baik masyarakat lokal, nasional maupun masyarakat internasional.
4.    Profesional dalam Keahlian Kimia
Dengan Sumberdaya manusia yang mempunyai kompetensi di bidangnya masing-masing yang dimiliki,  maka SMTI Padang mampu menghasilkan lulusan yang kompetitif dan professional  dalam keahlian kimia, terutama kimia industri.
   
Dalam rangka mewujudkan Visi SMK SMTI Padang diatas, maka Misi yang akan diemban adalah:
Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dalam program keahlian Kimia  bertaraf internasional terutama kimia industri yang profesional, produktif, terampil dan mandiri, serta memiliki  jiwa  wirausaha meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan manajemen sekolah dengan mengacu kepada SMM ISO 9001:2008. Menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran, melaksanakan pembinaan bagi tenaga pendidik dan kependidikan,  melaksanakan kerja sama dengan dunia usaha dam dunia industri, lembaga pemerintah, masyarakat serta stakeholder lainnya, serta meningkatkan kualitas pembinaan peserta didik dalam mewujudkan manusia yang memiliki Imtaq dan menguasai Iptek.



Pengenalan fasilitas di Laboratorium Fisika Mineral Bidang Sarana Teknik Pusat Sumber Daya Geologi, Badan Geologi, KESDM, Bandung

 

 

 

 Profil SMKTI Padang