Perubahan Nomenklatur Pusat Sumber Daya Geologi

Perubahan Nomenklatur Pusat Sumber Daya Geologi menjadi Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi

Oleh : Retno Rahmawati

Sehubungan dengan terbitnya Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral nomor 13 tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata kerja Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, berdasarkan pasal 674 terdapat perubahan nomenklatur  Pusat Sumber Daya Geologi menjadi Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi.
 
Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) mempunyai tugas menyelenggarakan penelitian, penyelidikan dan pelayanan di bidang sumber daya mineral, batubara dan panas bumi. Perubahan struktur organisasi juga terjadi pada PSDMBP, saat ini PSDMBP terdiri dari satu Bagian Tata Usaha dan Bidang Teknis berdasarkan komoditas, yaitu Bidang Mineral, Bidang Batubara dan Bidang Panas Bumi. Pelantikan pejabat strukturan eselon II, III dan IV pada PSDMBP telah dilakukan pada tanggal 20 Juli 2016 di Gedung Arsip ESDM di Pondok Ranji, Tanggerang Selatan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada saat itu Sudirman Said.
 
Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rencana kerja dan anggaran, urusan keuangan, kerja sama, umum, kepegawaian, organisasi dan tata laksana, manajemen perubahan, hukum, serta pengelolaan informasi. Saat ini Bagian Tata Usaha terdiri dari Subbagian Perencana dan Keuangan dan Subbagian Umum dan Kepegawaian. Bidang mineral mempunyai tugas menyiapkan penyusunan kebijakan teknis, norma, standar, prosedur, kriteria, rencana, program, pelaporan, serta pelaksanaan survei penelitian, penyelidikan umum, neraca potensi, bimbingan teknis, inventarisasi, eksplorasi dan evaluasi di bidang sumber daya mineral. Bidang Mineral terdiri dari Subbidang Mineral Logam dan Subbidang Mineral Bukan Logam.
Bidang Batubara mempunyai tugas menyiapkan penyusunan kebijakan teknis, norma, standar, prosedur, kriteria, rencana, program, pelaporan, serta pelaksanaan survei penelitian, penyelidikan umum, neraca potensi, bimbingan teknis, inventarisasi, eksplorasi, dan evaluasi di bidang sumber daya batubara. Saat ini Bidang Batubara terdiri dari Subbidang Batubara dan Gambut dan Subbidang Gas Metana Batubara. Bidang Panas Bumi mempunyai tugas menyiapkan penyusunan kebijakan teknis, norma, standar, prosedur, kriteria, rencana, program, evaluasi, pelaporan, serta pelaksanaan survei penelitian, penyelidikan, pengelolaan basis data, bimbingan teknis, inventarisasi, eksplorasi dan evaluasi di bidang sumber daya panas bumi. Bidang Panas Bumi terdiri dari Subbidang Eksplorasi Panas Bumi dan Subbidang Evaluasi Panas Bumi.
Semoga dengan adanya perubahan nomenklatur ini mampu menajamkan tugas dan fungsi dari Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi. Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dapat diunduh disini. Dengan adanya perubahan ini, untuk alamat, nomor telepon, nomor faksimile, alamat website dan email PSDMBP tidak terdapat perubahan.
.  


Gambar 1. Permen ESDM Nomor 13 Tahun 2016
 

Gambar 2. Pelantikan pejabat struktural eselon II, III dan IV di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (sumber : Sekretariat Badan Geologi)