Bimbingan Teknis Penyelidikan Sumber Daya Mineral Dan Batubara Di Sumatera Bagian Selatan

BIMBINGAN TEKNIS PENYELIDIKAN SUMBER DAYA MINERAL DAN BATUBARA DI SUMATERA BAGIAN SELATAN
Oleh : Penny Oktaviani
 
Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) setiap tahun melaksanakan kegiatan bimbingan teknis bagi aparatur pemerintah daerah yang memiliki tugas pokok dan fungsi bidang pertambangan dan energi. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud tugas pokok dan fungsi dari Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Kegiatan ini dimaksudkan agar dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan penyelidikan dan eksplorasi sumber daya mineral dan batubara berjalan dengan efektif dan lancar dalam upaya mendukung pelaksanaan otonomi daerah.

Tahun anggaran 2016 ini, PSDMBP akan melaksanakan dua kegiatan bimbingan teknis. Kegiatan bimbingan teknis yang pertama dilaksanakan pada tanggal 22 – 27 Agustus 2016 di Hotel Grage, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Tema dari kegiatan bimbingan teknis pertama ini adalah “Penyelidikan Sumber Daya Mineral dan Batubara di Wilayah Sumatera Bagian Selatan”. Adapun tema dari kegiatan bimbingan teknis dapat berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lain, disesuaikan dengan potensi sumber daya geologi yang dimiliki oleh wilayah tersebut.

Kegiatan bimbingan teknis ini diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral atau Dinas Pertambangan dan Energi provinsi dan kabupaten kota yang ada di Provinsi Bengkulu, Jambi, Lampung, dan Sumatera Selatan. Kegiatan ini merupakan wadah untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan berbagi pengalaman sekaligus pertukaran informasi antara para narasumber dari PSDMBP dengan aparatur pemerintah di daerah. Diharapkan kegiatan ini dapat mewujudkan kesesuaian dan keseragaman dalam melakukan kegiatan dan kebijakan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, khususnya dalam pengelolaan sumber daya mineral dan batubara dengan memperhatikan kaidah konservasi.

Provinsi Bengkulu, Jambi, Lampung, dan Sumatera Selatan memiliki potensi sumber daya mineral dan batubara yang cukup potensial untuk diteliti dan dikembangkan, sehingga diperlukan beberapa upaya untuk meningkatkan kemampuan aparatur daerah. Kegiatan bimbingan teknis ini dilaksanakan di Bengkulu atas permintaan beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu pada tahun 2015.

Bimbingan teknis dibuka pada hari Senin, 22 Agustus 2016 oleh Kepala Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi, yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kepala Bidang Mineral, Ir. Prima Muharam Hilman, M.Sc. Sedangkan dari pihak Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Bengkulu diwakili oleh Kepala Bidang Geologi, Ir. Juanida.

Selain pemberian materi dan diskusi di dalam kelas, juga dilakukan pemberian materi dan diskusi di lapangan (field trip). Field trip dilakukan pada hari ketiga ke lokasi eksplorasi pasir besi. Peserta diberi materi mengenai eksplorasi pasir besi, pengambilan conto stream sedimen, serta cara pengambilan conto dengan menggunakan alat bor dangkal.

Melalui kegiatan ini peserta bimningan teknis yang merupakan aparatur pemerintah daerah diharapkan mendapatkan tambahan wawasan mengenai eksplorasi mineral dan batubara.

 



Gambar 1. Pembukaan Kegiatan Bimbingan Teknis Penyelidikan Sumber Daya Mineral dan Batubara di Sumatera Bagian Selatan.   
 

Gambar 2. Pemberian cinderamata dari PSDMBP kepada Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Bengkulu.


Gambar 3. Foto bersama peserta Bimbingan Teknis.


Gambar 4. Suasana pemberian materi pada kegiatan bimbingan teknis.


Gambar 5. Pemberian materi di lapangan mengenai eksplorasi pasir besi.