Wujud Kerja Nyata Untuk Mandiri Energi Melalui Konservasi

WUJUD KERJA NYATA UNTUK MANDIRI ENERGI MELALUI KONSERVASI
Oleh : Elang Soemantri



Menteri  Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, membuka kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia  di Plaza Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan No.18, Jakarta Selatan, padan hari Minggu 14 Agustus 2016. Diawali dengan Tarian tradisional dan Senam Gemu Famire dihadiri oleh Seluruh Pegawai dan Keluarga Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Stakeholder/BUMN dan Perwakilan dari Unit Jakarta dan Bandung.

Kegiatan yang mengedepankan kebersamaan pegawai dan keluarga di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dan jenis perlombaan antara lain lomba makan kerupuk peserta dari perwakilan Unit Eselon I, BUMN dan Ibu Dharma Wanita sedangan lomba mewarnai untuk anak-anak dlingkungan Sekretariat Jenderal dan perwakilan dari BUMN sektor ESDM serta gambar yang disediakan terkait dengan penghematan energi  dan bersifat mengembangkan daya kreatifitas, ketrampilan, ketangkasan dan sportifitas.

Sesuai dengan tema besar Kedaulatan Energi : “Dengan Semangat Kemerdekaan Kita Wujudkan Kerja Nyata untuk Mandiri Energi melalui Konservasi”.
Kedaulatan energi adalah hak negara dan bangsa untuk secara mandiri menentukan kebijakan pengelolaan energi untuk mencapai ketahanan dan kemandirian energi. Kedaulatan energi mencakup eksplorasi dan produksi energi yang cukup dan merata; melakukan diversi¬kasi agar tersedia banyak pilihan energi, termasuk energi baru terbarukan; serta melakukan konservasi energi, e¬siensi pemanfaatannya untuk menjamin keberlangsungan ketersediaan energi bagi  masyarakat.

Mengatasi krisis Energi
Pengalihan subsidi BBM ke sektor yang lebih produktif, termasuk membangun infrastruktur energi yang diperlukan.  Mendorong e¬siensi rantai pasokan  migas dan percepatan keputusan  krusial untuk memberi kepastian dan ruang bagi pengembangan kapasitas pengelolaan industri migas nasional, di sektor listrik dipercepatnya kick-o¬ proyek pembangkit listrik 35.000 MW.
Mempercepat Program Prioritas Sektor Energi
Dilakukan percepatan pembangunan infrastruktur migas untuk meningkatkan produksi dan liftingmigas, penyelesaian pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW untuk meningkatkan rasio elektri¬kasi, pembangunan industri penunjang sektor energi, hilirisasi industri mineral dan batu bara serta konsolidasi industri tambang.
Sinergi, Penguatan Kelembagaan,Kepemimpinan, Kapasitas Dan Tata Kelola
Memperkuat kapasitas pengelolaan migas nasional, perbaikan regulasi sektor energi,  penguatan BUMN sektor energi, mendorong kerjasama pemerintah swasta dan  internasional, penguatan kapasitas dan kepemimpinan sektor energi serta perbaikan tata kelola sektor energi.

Lebih lanjut Menteri ESDM menekankan pentingnya transparansi dalam pengelolaan sektor ESDM, Hal ini merupakan wujud pertanggungjawaban kepada publik, dan untuk mengembalikan kepercayaan publik. Selanjutnya Menteri ESDM mengucapkan selamat berlomba dan  semoga tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta sportifitas. (Elang Somantri).
 
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Energi dan Sumber Daya Mineral (BPESDM),
Ketua Panitia, Djadjang Sukarna, memberikan laporan kegiatan Perayaan HUT-RI Ke-71 Kemerdekaan
Republik Indonesia di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral di Plaza Kementerian ESDM Jalan Medan Merdeka Selatan No.18 Jakarta, Minggu (14/8/2016).