Revitalisasi Peran Humas Dalam Diseminasi Informasi Mitigasi Bencana

REVITALISASI PERAN HUMAS DALAM DISEMINASI INFORMASI MITIGASI BENCANA
Oleh : Elang Somantri
 

Pejabat Fungsional Humas dan Calon Pejabat Fungsional Humas dari Unit Satuan Kerja Eselon II serta beberapa Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas  di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengikuti Forum Kehumasan Tahun 2016 yang dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus sampai dengan 24 Agustus 2016 bertempat di Hotel NEO Malioboro, Yogyakarta. Penyelenggara Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama, KESDM dan diikuti oleh 30 peserta.

Pengetahuan bidang ilmu Geologi memegang peran penting dalam memberikan informasi ke publik terkait kejadian-kejadian alam yang menjadi sorotan strategis bagi humas Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Humas Kementerian ESDM dapat mempersiapkan diri dengan bekal pengetahuan mendalam dan spesifik saat menyebarluaskan informasi subsektor geologi sehingga informasi yang disampaikan kepada publik menjadi akurat dan tepat sasaran. Kejadian geologi pada saat ini, seperti meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Dukono, Gamalama dan Gunung Sinabung menuntut para humas untuk menempatkan dirinya sebagai pemegang peranan dalam mengakomodir publik untuk mewaspadai bencana-bencana geologi yang terjadi.

Kegiatan forum kehumasan, pentingnya menambah perbendaharaan pengetahuan akan mitigasi bencana geologi akan meningkatkan mutu dan kualitas dari informasi yang disampaikan oleh humas-humas kementerian yang berguna untuk mengurangi resiko dari bencana itu sendiri.  Salah satu peningkatan  kompetensi dan peranan Humas Kementerian ESDM menyikapi hal tersebut adalah mengadakan pelatihan penulisan jurnalistik sehingga memahami proses penyampaian informasi mitigasi bencana secara komunikatif. Dengan memahami tata kerja yang baik, akan memberikan hasil kerja yang lebih optimal dan berujung pada penyajian informasi yang lebih berkualitas kepada publik.

Pada hari pertama 22 Agustus 2016 acara Pengantar dan Pembukaan dilanjutkan Paparan Kepala BPPTKG Yogyakarta dengan tema “Peran Kementerian ESDM dalam mitigasi bencana geologi” dilanjutkan Paparan mengenai penulisan jurnalistik oleh Pakar Ilmu Komunikasi, Masmimar Mangiang dari Departemen Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Indonesia. Hari kedua 23 Agustus 2016 peserta Forum Kehumasan 2016 mengadakan Tour d’lava Merapi , Sharing session bersama Pengamat Gunungapi Merapi di Pos Pengamat Gunungapi Merapi di Kampung Kaliurang Desa Kaliurang Kecamatan Pakem Daerah Istimewa Yogyakarta  dan berakhir di Museum Gunungapi Merapi (MGM) di Dusun Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam sambutan penutup Plt. Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama, KESDM, mengucapkan terima kasih kepada para narasumber dan seluruh peserta Forum Kehumasan 2016, yang telah hadir untuk mengikuti pertemuan ini, semoga kedepan kita bisa bekerjasama dan berkomunikasi secara intensif dalam rangka meningkatkan kemampuan kita mengolah informasi.

Dengan harapan peserta dapat memberikan sumbang saran yang membangun dalam mewujudkan peranan humas yang profesional di lingkungan Kementerian ESDM sehingga dalam pelaksanaannya memiliki landasan  hukum yang baik dan dapat memberikan kontribusi serta manfaat bagi kita semua. (Elang Somantri).
 
 
 

Paparan Peran Kementerian ESDM dalam Mitigasi Bencana Geologi, oleh Kepala BPPTK Senin (22/08/2016).


Paparan penulisan jurnalistik oleh Pakar Ilmu Komunikasi, Masmimar Mangiang dari Departemen Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Indonesia, Senin (22/08/2016).
 

Salah satu petugas Lasiman alias Pak Pecut,  Pengamat Gunungapi Merapi, Kampung Kaliurang Desa Kaliurang Kecamatan Pakem Daerah Istimewa Yogyakarta, UPT  BPPTKG, Yogyakarta Senin (23/08/2016).


Latihan penulisan jurnalistik, Review dan Penilaian di Museum Gunungapi Merapi (MGM) di Dusun Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Senin (23/08/2016