Jica Joint Seminar For Project To Develop Medium And Long Term Geothermal Development Policy In Indonesia

JICA Joint Seminar for Project to Develop Medium and Long Term Geothermal Development Policy in Indonesia
Oleh : Candra

Pada hari Kamis, 8 Sepetember 2016, Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) - Badan Geologi menyelenggarakan seminar sehari  JICA Project to Develop Medium and Long Term Geothermal Development Policy in Indonesia di Hotel Masonpine Bandung, tanggal 8 September 2016.  Seminar tersebut dimaksudkan untuk menyebarluaskan hasil-hasil kerja sama dengan JICA-Jepang yang sedang berjalan. Seminar ini terkait dengan kerjasama antara JICA, Badan Geologi, Direktorat Jenderal EBTKE, dan Badan Kebijakan Fiskal dengan judul “Project to Develop Medium and Long Term Geothermal Development Policy in Indonesia”. Kerjasama ini sudah berjalan selama dua tahun sejak November  2014.

Dalam bingkai kerjasama ini, terdapat dua kegiatan kerjasama. Kegiatan pertama dinamai “Geothermal sub-surface data provision enhancement”, yang merupakan kegiatan “capacity building” untuk PSDMBP. Tujuannya adalah untuk meningkatkan sumberdaya panas bumi yang siap diusahakan untuk pengembangan panas bumi. Kegiatan kedua adalah kegiatan asistensi bagi DitJen EBTKE, dengan nama kegiatan “Geothermal planning capacity enhancement” yang ditujukan untuk menyediakan suatu model pengembangan panas bumi Indonesia, baik untuk jangka menengah maupun jangka panjang.

Bagi Badan Geologi, kerja sama ini merupakan suatu kelanjutan dari kerjasama yang sukses sebelumnya, yakni “The Capacity building of geothermal exploration technologies”. Kerjasama ini mencakup penguatan teknologi untuk konfirmasi sumber daya panas bumi, yang juga dilengkapi dengan penguatan pengetahuan mengenai studi aspek lingkungan dan evaluasi keekonomian yang juga penting dalam pengembangan panas bumi.

Seperti kita ketahui bahwa Indonesia mempunyai sumber daya energi panas bumi yang melimpah sekitar 29 GW namun pemanfaatannya sebagai sumber energi listrik masih sangat kecil yaitu baru 1493,5 MW.  Sebagai sumber energi yang bersih dan bersifat terbarukan seharusnya  panas bumi menjadi pilihan utama untuk dapat memenuhi kebutuhan energi nasional. Untuk mencapai target pengembangan panas bumi diperlukan percepatan salah satunya melalui kerjasama dengan pihak luar atau negara yang mempunyai teknologi dan keahlian dalam pengembangan panas bumi.
 
Dalam Seminar kali ini disajikan beberapa hasil kerjasama baik yang disampaikan oleh pihak PSDMBP, EBTKE, maupun pihak JICA. Beberapa topik diskusi di antaranya adalah kondisi kerjasama yang sedang berjalan dan target beserta perencanaan kegiatan ke depan. Dari pihak PSDMBP menyajikan hasil eksplorasi permukaan dan pengeboran yang mendapatkan asistensi keahlian dari JICA seperti survei 3G (Geologi, Geokimia, Geofisika) di Pulau Pantar (NTT), dan pengeboran sumur landaian suhu di daerah panas bumi Telomoyo (Jawa Tengah). Baik PSDMBP maupun JICA juga mempresentasikan hasil on Job Training (OJT) di daerah panas bumi Candradimuka, Dieng dan pemanfaatan peralatan laboratorium (Thermo-Luminescence dosimeter for Dating) hibah dari Jepang. Terkait dengan EBTKE, dipaparkan kemajuan studi mengenai Master Plan pengembangan panas bumi Indonesia untuk sumber tenaga listrik (PLTP), studi PLTP skala kecil dan pemanfaatan langsung. Selain itu dipaparkan juga hasil studi terkait dengan penggunaan dana geothermal.

Seminar dibuka oleh Ir. Hedi Hidayat MSi (Kepala PSDMBP) mewakili kepala Badan Geologi. Peserta seminar berjumlah 75 orang berasal dari PSDMBP, EBTKE, Balitbang ESDM, Geodipa Energi, WesJec (Jepang), dan perwakilan daerah yang mempunyai sumber daya panas bumi (Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Sulawesi Tengah). Seluruh peserta seminar sangat antusias dalam diskusi pada setiap sesi presentasi. Melalui seminar ini, diharapkan dapat berbagi pengetahuan dan membangun sinergi bersama bagi peningkatan kemampuan untuk mempercepat pengembangan panas bumi di Indonesia.  

 

Sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Kepala Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi, Ir. Hedi Hidayat, M.Si
 

Penyerahan cendera mata dari Kepala Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi, Ir. Hedi Hidayat kepada perwakilan JICA
 

 
Pemaparan presentasi dari Kepala Bidang Panas Bumi PSDMBP dengan materi Medium and Long Term Activity Plan of PSDMBP
 

Pemaparan presentasi dari DR. Shimada (JICA Team)
 

Pemaparan presentasi dari Mr. Bintara (EBTKE)
 

Pemaparan presentasi dari EBTKE
 



 

Pemaparan presentasi dari JICA Team
 
 
Para pembicara sedang memberikan jawaban kepada para peserta seminar yang dipandu oleh moderator, Ir. Edi Suhanto, M.Si
 
 


Para pembicara sedang memberikan jawaban kepada para peserta seminar yang dipandu oleh moderator, Ir. Rina Wahyuningsih
 
 

 

Pemaparan presentasi dari Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) dan Ditjen EBTKE
 
 
Penutupan acara oleh Kepala Bidang Panas Bumi PSDMBP
 

Foto bersama peserta Seminar JICA Project to Develop Medium and Long Term Geothermal Development Policy in Indonesia