Pelatihan Pengelolaan Pemboran Panas Bumi

Pelatihan  Pengelolaan  Pemboran Panas Bumi
 
Oleh : Lano Adhitya Permana


Pelatihan  pengelolaan  pemboran panas bumi  ini diselenggarakan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) di Tokyo, Jepang. Adapun pelaksanaannya dari tanggal 5 Juli s/d 10  Agustus 2016. Pelatihan tersebut bertujuan untuk peningkatan kompetensi, pengetahuan, keahlian, dan keterampilan tentang manajemen kegiatan pemboran panas bumi serta peningkatan kemampuan dan pengetahuan  tentang perencanaan dan dokumen terkait kontrak pemboran panas bumi. Peserta pelatihan pengelolaan pemboran panas bumi berjumlah tujuh orang, terdiri dari negara  Djibouti, Tanzania, Ethopia dan Indonesia yang masing-masing berjumlah satu orang, sedangkan peserta dari negara Kenya berjumlah  tiga orang.


Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan pengelolaan pemboran panas bumi ini antara lain : ceramah, diskusi, kunjungan ke lapangan pemboran panas bumi Wasabizawa, kunjungan ke Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi Hatchobaru, kunjungan ke berbagai pabrik pembuatan peralatan dan perlengkapan pendukung pemboran panas bumi, kunjungan ke gudang penyimpanan peralatan dan perlengkapan pendukung pemboran panas bumi, bimbingan penulisan rencana aksi (action plan), latihan studi kasus disertai penugasan.  Materi pelatihan meliputi :
1.    Orientasi tentang kursus pengelolaan pemboran panas bumi
2.    Pendekatan masalah disertai solusi dengan menggunakan lembar analisis permasalahan
3.    Teknologi pemboran
4.    Rig pemboran dan prinsip kerjanya
5.    Parameter yang digunakan dalam pemboran
6.    Fluida pemboran
7.    Studi kasus mengenai kegiatan pemboran
8.    Kontrak dalam kegiatan pemboran
9.    Rencana dan manajemen program pemboran dari sudut pandang sebagai kontraktor
10.    Manajemen sumberdaya manusia
11.    Manajemen keamanan dan keselamatan kerja
12.    Rencana dan manajemen program pemboran dari sudut pandang sebagai pemilik
13.    Well logging
14.    Manajemen Reservoir
15.    Kunjungan ke lapangan pemboran panas bumi, PLTP, pabrik dan gudang penyimpanan peralatan dan perlengkapan pendukung pemboran panas bumi

Materi  awal dalam pelatihan ini dimulai dengan kegiatan orientasi kepada seluruh peserta pelatihan. Materi selanjutnya berupa pendekatan berbagai masalah atau kendala yang dihadapi terkait dengan pengembangan panas bumi disertai solusinya terhadap negara-negara peserta pelatihan melalui metode Issue Analysis  Sheet (IAS).  Materi teknologi pemboran meliputi gambaran umum tentang teknologi pemboran panas bumi  dan  Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang terdapat di Jepang antara lain kondisi saat ini tentang PLTP di Jepang, pengetahuan dasar tentang pemboran panas bumi, program sumur pemboran, perlengkapan dan peralatan rig pemboran, manajemen keselamatan kerja dalam kegiatan pemboran. Materin rig pemboran antara lain komponen mesin pemboran dan prinsip kerjanya, jenis lumpur dan bahan bakar yang digunakan selama kegiatan pemboran, fasilitas keselamatan kerja, fasilitas pembuangan limbah. Materi parameter pemboran antara lain Rate of Penetration (ROP), Rotation Per Minute (RPM), cara menggunakan sekaligus mengendalikan parameter-parameter pomboran.  Materi fluida pemboran mencakup pengetahuan dasar tentang fluida pemboran, sistem fluida pemboran, material dan bahan kimia yang digunakan dalam fulida pemboran, tes lumpur dan kondisi lumpur pemboran.


Materi studi kasus seperti blowout, lost circulation, stuck pipe. Materi kontrak pemboran mencakup skema kontrak, model kontrak pemboran, turn key contract dan day rate contract.  Materi program pemboran mencakup rencana, tahapan, prosedur, dan teknik pelaporan  dalam kegiatan pemboran dari sudut pandang sebagai kontraktor. Materi manajemen sumberdaya manusia meliputi pengertian tentang manajemen sumberdaya manusia, pengelolaan sumberdaya manusia di Jepang, pengenalan beberapa teori yang terkait dengan pengelolaan sumberdaya manusia. Materi manajemen keselamatan kerja mencakup konsep dasar, proses, prosedur dalam manajemen keselamatan kerja, evaluasi dan manajemen resiko. Materi manajemen sumur panas bumi mencakup PLTP, alur konsep pengembangan panas bumi dan rencana pemboran berdasarkan waktu serta biaya. Materi well logging meliputi pengenalan tentang Pressure Temparatur Spinner (PTS) Logging, jenis logging, well testing dengan menggunakan PTS Logging, simulasi sumur pemboran.  Materi manajemen reservoir berupa teknik reservoir di PLTP.
Kegiatan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi, pengetahuan, keahlian, dan keterampilan yang berkaitan dengan kegiatan pemboran panas bumi, sehingga dapat melaksanakan tugas instansi secara profesional. Peserta pelatihan diharapkan dapat menyerap ilmu dari materi-materi yang diberikan dan dapat diterapkan pada lingkungan kerja masing-masing.
 

 
Kunjungan Ke PLTP Hatchobaru
 
 
Presentasi Tentang Rencana Aksi (Action Plan)
 
 
Penyerahan Sertifikat Oleh Direktur KITA