Workshop Pengembangan Sumber Daya Manusia

Workshop Pengembangan Sumber Daya Manusia di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral Dan Batubara
Oleh : Elang Somantri
 
 Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral,  Ir. Bambang Susigit, M.T., memberikan sambutan sekaligus membuka acara Workshop Pengembangan Sumber Daya Manusia  di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.  Workshop berlangsung selama satu hari dan dihadiri oleh 100 orang peserta berasal dari Unit-unit di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, bertempat di Gedung PPSDM Geologi, Mineral dan Batubara, Jalan Jend. Sudirman Nomor 623 Bandung. Kamis (22/9/2016).

Dasar Penyelenggaraan Workshop Pengembangan SDM memenuhi Surat Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara Nomor 134.K/67.04/KPA/2016 tanggal 7 September 2016 mengenai Pengaturan Pelaksanaan dan Pembiayaan Penyelenggaraan Workshop Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Narasumber yang akan memberikan materi dan studi kasus terdiri dari sesi kesatu pembicara pertama  Kepala Bidang Perencanaan dan Standardisasi, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara, Ir. Yose Rizal, M.Si., dengan materi “Proses Bisnis Organisasi PPSDM GeoMinerba” pembicara kedua Widyaiswara Muda Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia,  Kementerian Hukum dan HAM, Raymon, S.H., M.Hum., dengan materi “Pengelolaan Kompetensi dan Kinerja Sumber Daya Manusia”. Sesi kedua pembicara pertama Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Darat,  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia,  Kementerian Perhubungan, Ir. Hotma P. Simanjuntak, MSTr., dengan materi “Tantangan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia”. Dan pembicara terakhir Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagakerjaan, Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan, Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Drs. Aris Wahyudi, M.Si. dengan materi “Kebijakan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi”. Moderator Sagala (ucok) dan Dra. Ria Dewi Eryani, M.Pd. dari UNISBA, Bandung.

Lebih lanjut dalam sambutannya Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara Ir. Bambang Susigit, M.T., dengan penggantian nomenklatur dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Mineral dan Batubara menjadi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara, Hal ini merupakan Tantangan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia dan wujud pertanggungjawaban untuk mengembalikan kepercayaan publik. Selanjutnya Kepala Pusat PSDM GeoMinerba mengucapkan selamat mengikuti workshop dengan baik.
 
Pengembangan Sumber Daya Manusia adalah suatu proses peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kapasitas dari semua penduduk suatu masyarakat. Pengertian pengembangan sumber daya manusia baik secara makro maupun secara mikro. Pengembangan sumber daya manusia secara makro adalah suatu proses peningkatan kualitas atau kemampuan manusia dalam rangka mencapai tujuan pembangunan bangsa yang mencakup perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan. Sedangkan pengembangan sumber daya manusia secara mikro adalah suatu proses perencanaan pendidikan,pelatihan dan pengelolaan tenaga kerja atau karyawan untuk mancapai suatu hasil yang optimal.

Manfaat Pengembangan Sumber Daya Manusia :
  1. Peningkatan produktivitas kerja organisasi : tidak terjadinya pemborosan, karena kecermatan melaksanakan tugas, tumbuh suburnya kerja sama antara berbagai satuan kerja yang melaksanakan kegiatan yang berbeda dan bahkan spesialistik, meningkatkan tekad mencapai sasaran yang ditetapkan serta lancarnya koordinasi sehingga organisasi bergerak sebagai suatu kesatuan yang utuh.
  2. Terwujudnya hubungan yang serasi antara atasan dengan bawahan : adanya pendelegasian wewenang , interaksi yang didasarkan pada sikap dewasa baik secara teknikal maupun intelektual, saling menghargai dan adanya kesempatan bagi bawahan untuk berpikir dan bertindak secara inovatif.
  3. Terjadinya proses pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat : dimana dalam hal ini melibatkann para pegawai yang bertanggungjawab menyelenggarakan kegiatan-kegiatan operasional dan tidak hanya sekedar diperintahkan oleh para manajer.
  4. Meningkatkan semangat kerja seluruh tenaga kerja.
  5. Mendorong sikap keterbukaan manajemen melalui penerapan gaya manajerial yang partisipatif.
  6. Mempelancar jalannya komunikasi yang efektif : dimana dalam hal ini dapat memperlancar proses perumusan kebijaksanaan organisasi dan operasionalisasinya.
  7. Penyelesaian konflik secara fungsional : dalam hal ini memiliki dampak tumbuh suburnya rasa persatuan dan suasana kekeluargaan di kalangan para anggota organisasinya.
Manfaat Pengembangan Bagi Para Karyawan :
  1. Membantu para karyawan membuat keputusan dengan lebih baik.
  2. Meningkatkan kemampuan para pekerja dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.
  3. Terjadinya internalisasi dan operasional faktor-faktor motivasi.
  4. Timbulnya dorongan dalam diri para pekerja untuk meningkatkan kemampuannya.
  5. Peningkatan kemampuan karyawan untuk mengatasi stress dan konflik.
  6. Tersedianya informasi tentang berbagai program yang dapat dimanfaatkan oleh para pegawai dalam rangka pertumbuhan teknikal dan intelektual.
  7. Meningkatnya kepuasan kerja.
  8. Semakin besarnya pengakuan atas kemampuan seseorang.
  9. Besarnya tekat pekerja untuk lebih mandiri
  10. Mengurangi ketakutan menghadapi tugas baru dimasa depan.
 
 
 
Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara,
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ir. Bambang Susigit, M.T.,
di Gedung PPSDM GeoMinerba, Jalan Jend. Sudirman 623 Bandung,
Kamis (22/9/2016).
 

Laporan Panitia Penyelenggara, Kepala Subbidang Perencanaan  Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara,
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dra. Wien Evayanti Regina.
di Gedung PPSDM GeoMinerba, Jalan Jend. Sudirman 623 Bandung,
Kamis (22/9/2016).
 
 
Suasana Workshop