Pelatihan Measurement Of Critical Reservoir Properties For Coal Bed Methane Resources

PELATIHAN “MEASUREMENT OF CRITICAL RESERVOIR PROPERTIES FOR COAL BED METHANE RESOURCES”
Oleh: Penny Oktaviani


Kegiatan pelatihan “Measurement of Critical Reservoir Properties For Coal Bed Methane Resources” berlangsung di Hotel Grand Asrilia, Bandung, pada tanggal 7 sampai dengan 9 Februari 2017.
Data hasil pengukuran coal bed methane (CBM) atau disebut juga gas metana batubara (GMB) merupakan hal mendasar dan penting dilakukan dalam eksplorasi gas metana batubara. Badan Geologi dalam hal ini Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) setidaknya telah melakukan eksplorasi GMB selama hampir 10 tahun, meskipun demikian masih banyak hal yang perlu ditingkatkan dalam kegiatan eksplorasi GMB ini. Pelatihan “Mesurement of Critical Reservoir Properties For Coal Bed Methane Resources” dilaksanakan dengan tujuan untuk lebih memahami dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di Pusat Mineral Batubara dan Panas Bumi dalam melakukan eksplorasi CBM terutama dalam hal pengukuran gas metana batubara agar data yang dihasilkan dapat semakin akurat dan optimal.

Instruktur atau pengajar pada pelatihan ini adalah Tim Allen Moore, beliau adalah ahli GMB dari Australia.  Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Cipher Coal Consulting Ltd, sebuah perusahaan konsultan analisis cekungan, batubara, eksplorasi GMB, dan pengembangan shale gas. Beliau juga Profesor yang mengajar di Queensland University, Australia dan School of Resources and Geoscienses China University di Xuzhou, China.
 

Peserta pelatihan “Measurement of Critical Reservoir Properties For Coal Bed Methane Resources” terdiri dari 30 orang yang berasal dari Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi, Pusat Survei Geologi, Badan Penelitian dan Pengembangan Minyak dan Gas Bumi, dan Badan Pendidikan dan Latihan Mineral dan Batubara.

Hari pertama dan kedua diisi dengan pemberian materi dari narasumber mengenai gas properties dalam assessment batubara dan ekonomi, cara pengumpulan contoh dan analisisnya meliputi desorpsi, adsorpsi, kualitas gas, gas isotop, analisis proksimat, dan analisis lainnya, desain kanister, pengukuran gas (Q2), lost gas (Q1), residual gas (Q3), memahami hasil adsorpsi dan saturasi gas, komposisi gas pada gas saturasi, temperatur reservoir dalam kematangan, dan ketidakyakinan dan resiko dalam gas property assessment. Hari ketiga diisi dengan melihat fasilitas laboratorium GMB di kantor Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi, serta diskusi mengenai hasil penyelidikan GMB yang telah dilakukan oleh PSDMBP.

Pelatihan “Measurement of Critical Reservoir Properties For Coal Bed Methane Resources” sangat bermanfaat dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di Pusat Mineral Batubara dan Panas Bumi.
Kegiatan pelatihan semacam ini sangat penting untuk terus dilaksanakan. Diharapkan dengan adanya kegiatan-kegiatan pelatihan dapat meningkatkan kualitas data yang dihasilkan dari hasil penyelidikan lapangan yang menjadi tugas pokok dan fungsi Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi.

 


Gambar 1. Foto bersama peserta training dengan narasumber.

 
Gambar 2. Peserta dan suasana pelatihan “Measurement of Critical Reservoir Properties for Coal Bed Methane Resources”