Pembahasan Kelanjutan Kerjasama Antara Ipg-ip Timor Leste Dan Psdmbp

Pembahasan Kelanjutan Kerjasama Antara IPG-IP Timor Leste dan PSDMBP
 
 
Pertemuan ini diselenggarakan pada tanggal 23 Mei 2017 dalam rangka kunjungan kerja pihak IPG-IP Timor Leste ke Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) untuk membahas kelanjutan kerjasama yang sempat tidak ada kegiatan dari tahun 2015.. Selain itu, pihak IPG-IP melakukan kunjungan ke Laboratorium PSDMB untuk melakukan studi banding karena rencananya mereka akan membangun laboratorium di Dili, Timor Leste.   Peserta yang menghadiri pertemuan tersebut, dari PSDMBP yaitu  Ir. Hedi Hidayat, Joko Parwata, S.T., M.E. ,  Moehamad Awaludin, S.T., M.T.,  Ir. Armin Tampubolon, M.Sc.,  Dr. S.S. Rita Susilawati, S.T., M.Sc.,  Bayu Sayekti, S.T., M.T., dan   Mochamad Ruslin, S.T. Sedangkan dari  IPG-IP Timor Leste, yaitu Jorge de Carvalho Martins,  Elias da Silva Cabral dan Jose.
 
Kerjasama antara PSDMBP dan IPG-IP Timor Leste telah terjalin sejak tahun 2013 yang dinaungi oleh MoU antara Badan Geologi dan IPG-IP Timor Leste. Kegiatan dalam rangka implementasi kerjasama ini dilakukan pada tahun 2014. Pada saat itu, PSDMBP melakukan capacity building dan bantuan teknis kepada pihak IPG-IP Timor Leste dengan melakukan pemetaan geologi dan mineral di Blok Nipane dan Blok Passabe yang terletak di Distrik Oecusse. Pemilihan lokasi ini berdasarkan pada kepentingan Timor Leste yang akan membangun Kawasan Otorita Zona Ekonomi Eksklusif Oecusse di District Oecusse. Selain itu juga PSDMBP melakukan bantuan teknis dalam analisis laboratorium hasil kegiatan survei tersebut yang dilakukan di Laboratorium PSDMBP. 
 
Terdapat beberapa hal yang disampaikan oleh  pihak IPG-IP Timor Leste, yaitu: 
  1. Kemungkinan akan diadakan pertemuan antara pemerintah Timor Leste dan Pemerintah Indonesia pada bulan September 2017 untuk melakukan penandatanganan MoU kerjasama dalam bidang migas dan mineral pada tingkat menteri.
  2. Lokasi kegiatan sesuai dengan isi kerjasama bilateral yang akan ditandatangani pada bulan September 2017
  3. Untuk kegiatan selanjutnya, IPG-IP memfokuskan pada pemetaan tematik dengan skala 1:50.000. Harapan terhadap kegiatan ini adalah didapatkan peta geologi dan peta sumber daya mineral tanpa ada batasan wilayah administrasi. Peta yang dihasilkan merupakan peta utuh Pulau Timor hasil kerja IPG-IP dan Badan Geologi Indonesia. 
  4. Diusulkan untuk kegiatan selanjutnya dilakukan di Belu. Pada Juli 2017, IPG-IP akan melakukan kegiatan di Belu. JIka pada September 2017 disepakati usulan tersebut, pada tahun 2018 akan dilakukan kegiatan kerjasama di wilayah tersebut. 
  5. Laproran akhir kegiatan pada tahun 2014 telah selesai, Namun secara resmi belum diberikan kepada pihak Badan Geologi Indonesia. Hal ini dikarenakan IPG-IP kehilangan kontak dengan pihak Badan Geologi Indonesia sejak tahun 2015. Sebagai tindak lanjut, pihak IPG-IP mengusulkan agar waktu pelaksanaan penyerahan laporan tersebut dilakukan pada bulan Juli, sebelum Pemilu Timor Leste. 
  6. Akan dilakukan pembahasan mengenai kerangka acuan kerja kegiatan kerjasama tahun 2018 pada kegiatan penyerahan laporan akhir pada bulan Juli 2017.
  7. Sasaran kegiatan kerjasama IPG-IP saat ini adalah untuk menghitung sumber daya mineral yang terdapat di Timor Leste dan mengetahui jenis komoditas mineral yang ada. 
  8. Komoditas yang menjadi sasaran kerjasama ini yaitu mangan, kromit, batu gamping, bahan bangunan, dan keramik. Adapun yang menjadi komoditas prioritas yaitu mangan dan kromit.
  9. PIhak IPG-IP sangat tertarik dengan fasilitas laboratorium PSDMBP dan secara bertahap ingin membangun laboratorium dengan fasilitas mikroskop polarisasi dan AAS, MP AES dll dengan supervisi dari PSDMBP.

Terdapat beberapa hal yang disampaikan oleh pihak PSDMBP, yaitu: 
  1. Kegiatan PSDMBP sudah sinkron dengan kerjasama ini, karena PSDMBP juga banyak melakukan kegiatan di wilayah  Nusa Tenggara Timur baik itu kegiatan mineral maupun panas bumi 
  2. Harus ada kejelasan mengenai anggaran masing masing pihak untuk kerjasama ini
  3. PSDMBP bisa menganggarkan kegiatan kerjasama ini jika sudah pasti akan melakukan kegiatannya seperti apa
  4. Kegiatan selanjutnya diharapkan dilakuan di Pulau Timor daratan (Selain Oucusse)
  5. PSDMBP mengusulkan kegiatan di tahun 2018 dilakukan di Kabupaten Belu dan Kabupaten Timor Tengah Utara
  6. PSDMBP menunggu undangan resmi dari IPG-IP Timor Leste mengenai acara penyerahan laporan akhir kegiatan di tahun 2014 

Kesepakatan: 
Pada pertemuan tersebut, ada beberapa hal yang disepakati bersama: 
  1. Akan dilakukan acara penyerahan laporan akhir kegitan di tahun 2014 pada bulan Juli 2017
  2. Pada kegiatan di bulan Juli tersebut, akan dibahas mengenai kerangka acuan kerja kegiatan tahun 2018
  3. IPG-IP Timor Leste akan memproses undangan kegiatan tersebut setelah libur Lebaran

(Moehamad Awaludin, Joko Parwata)
 
 
 Penyerahan Cenderamata oleh Kepala PSDBMP kepada Wakil Presiden IPG-IP Timor Leste
 
Pembahasan mengenai kelanjutan kerjasama 
 
Foto bersama pihak PSDMBP dan IPG-IP Timor Leste
 
Foto kunjungan ke Laboratorium Logam, PSDMBP
 
Foto kunjungan ke Laboratorium Bukan Logam, PSDMBP
 
Foto kunjungan ke Laboratorium Fisika Mineral, PSDMBP