Pemutakhiran Basis Data Dan Potensi Panas Bumi Indonesia

PEMUTAKHIRAN BASIS DATA DAN POTENSI PANAS BUMI INDONESIA

Pendahuluan
Panas  bumi merupakan sumber energi yang ramah lingkungan dan memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan dalam rangka mewujudkan kesehjateraan rakyat Indonesia. Data dan informasi terkini mengenai sebaran potensi panas bumi yang memuat berbagai data geosains ataupun data penunjang lainnya, sudah seharusnya terangkum dalam suatu  sistem  informasi yang dapat memudahkan pengguna (user) dalam memanfaatkan data tersebut.
Seiring semakin berkembangnya teknologi informasi, kebutuhan akan adanya basis data  dan informasi potensi panas bumi yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini menjadi mutlak diperlukan. Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi sebagai salah satu institusi pemerintah yang bergerak di bidang kepanasbumian memiliki tanggungjawab untuk mengelola dan memutakhirkan data lokasi potensi panas bumi baik yang baru maupun yang lampau. Pemutakhiran data potensi panas bumi mutlak dilakukan sebagai upaya untuk mengakomodir adanya penambahan data baru dan atau peningkatan status potensi panas bumi yang terjadi setiap tahun, sebagai hasil kegiatan penyelidikan dan eksplorasi baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun oleh badan usaha.
Distribusi dan Potensi Panas Bumi Indonesia
Berdasarkan  hasil-hasil penyelidikan geologi, geokimia, geofisika (3G) dan Magnetotelurik serta pengeboran landaian suhu, hingga saat ini di Indonesia terdapat 331 lokasi panas bumi yang sebagian besar mengikuti pola jalur vulkanik yang membentang dari Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Maluku. Beberapa lokasi panas bumi terdapat juga di  Pulau Kalimantan dan Papua. Tercatat hingga Desember 2016, estimasi total potensi sumberdaya  panas bumi sekitar 11.073 Mwe dan  estimasi cadangan panas bumi sekitar 17.506 Mwe serta kapasitas terpasang sebesar 1533,5 Mwe. Secara umum, sebaran panas bumi di pulau-pulau wilayah Indonesia, disajikan pada tabel dan peta berikut ini :


 
Potensi Panas Bumi Indonesia (Status Desember 2016)
 

Peta Potensi Panas Bumi Indonesia (Status Desember 2016)


Pengembangan Basis Data Panas Bumi Indonesia
Saat ini pengelolaan  basis data dan potensi panas bumi di Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi dikelola oleh Bidang Panas Bumi  dengan melakukan pemutakhiran basis data dan potensi panas bumi yang dilakukan tiap tahun baik dari hasil penyelidikan PSDMBP maupun oleh badan usaha atau swasta, terus dilakukan secara berkelanjutan sebagai upaya untuk menyediakan informasi yang akurat tentang potensi sumberdaya panas bumi.
Pada tanggal 5 – 7 Juni 2017 telah dilakukan kegiatan penyusunan basis data dan pengisian formulir basis data panas bumi dan verifikasi koordinat manifestasi panas bumi melalui “google earth” yang diadakan di Pos Gunung Guntur, Kabupaten Garut. Hasil kegiatan telah dilakukan pemutakhiran formulir basis data panas bumi sebanyak 29 formulir dan verifikasi lokasi 40 lokasi panas bumi.
Saat ini, Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi, Badan Geologi bekerjasama dengan Direktorat Panas Bumi, Direktorat Jendral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi sedang menyusun pembahasan evaluasi potensi dan basis data panas bumi untuk pelayanan online. Data dan informasi terkait dengan sebaran potensi panas bumi yang memuat data geosains ataupun data penunjang lainnya akan ditampilkan dalam layanan online tersebut.
Kegiatan penyusunan sistem pelayanan basis data pengusahaan panas bumi online antara Direktorat Panas Bumi, Dirjen EBTKE dan PSDMBP-Badan Geologi dilakukan pada 8 – 10 juni 2017 di Bekasi Barat, dengan kegiatan pengisian ringkasan geosain potensi panas bumi sebanyak 60 lokasi/formulir dan pembahasan desain “web online pelayanan pengusahaan panas bumi”
Diharapkan adanya pemutakhiran basis data potensi panas bumi dan pembuatan layanan online yang memuat informasi tentang basis data potensi panas bumi yang lengkap, akurat dan terintegrasi, dapat menarik minat investor agar dapat berinvestasi di bidang panas bumi.
 
 
Kegiatan pemutakhiran basis data dan potensi panas bumi di Pos Gunung Guntur , Kab Garut
 

Kegiatan Pembuatan Database Online “Layanan Pengusahaan Panas Bumi di Bekasi”.

(Sumber : Iwan Nursahan dan Lano Adhitya Permana, Bidang Panas Bumi- PSDMBP)