Wakil Ketua Dpr-ri Kunjungi Laboratorium Psdmbp Badan Geologi

 Wakil Ketua DPR-RI Kunjungi Laboratorium PSDMBP Badan Geologi

 

 Wakil DPR-RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan, Agus Hermanto, beserta anggota delegasi melakukan kunjungan kerja ke Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) Badan Geologi jumat (14/07/17). Kunjungan Agus Hermanto ke Bandung tersebut terkait keberadaan laboratorium metode standar internasional yang dimiliki oleh Badan Geologi. Saat tiba di Bandung Wakil Ketua DPR- RI beserta rombongan diterima langsung oleh Kepala PSDMBP, Hedi Hidayat dan para Pejabat Eselon III.

Wakil DPR dan rombongan sangat antusias mengikuti paparan, Diskusi dan Tanya Jawab tentang “Peranan Badan Geologi Dalam Pengembangan Panas Bumi Indonesia”. dan dilanjutakan kunjungan ke fasilitas peralatan pemboran panas bumi dan bengkel alat berat serta Laboratorium. Sebagai laboratorium yang telah terakreditasi dengan menggunakan metode standar internasional dalam operasinya, terutama untuk mempertahankan kualitas analisis yang dihasilkan.

Disamping itu juga tergabung dalam ikatan kerjasama cek antar laboratorium (Cross Check Analysis) baik dalam maupun di luar negeri. Laboratorium dimaksud adalah Laboratorium Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi terakreditasi Komite Akreditasi Nasional Nomor Registrasi: LP-326-IDN. Gedung Laboratorium bangunan 6 lantai dengan luas 5.071.02 M2 yang dilengkapi dengan sarana antara lain Compressed Air Central, Exhaust System dan Computerized System (LAN System).

Laboratorium Pusat Sumber Mineral, Batubara dan Panas Bumi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta No.
444 Bandung, Jawa Barat. Dalam sambutan Wakil Ketua DPR RI kunjungan kerja tersebut untuk bersilaturahmi, halal bihalal serta menyambung diskusi-diskusi terdahulu mengenai strategi mewujudkan peran Pemerintah dalam kegiatan eksplorasi energi panas bumi yang merupakan bagian dari ikhtiar mewujudkan kemandirian energi bagi bangsa Indonesia dan sebagai tindak lanjut pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara Indonesia yang tercinta, lanjut Agus Hermanto.
 
Pada kesempatan ini hadir beserta rombongan Direktur Pengembangan Proyek dan Advisory PT. SMI, Darwin Trisna Djajawinata. PT. Sarana Multi Insfrastruktur (PT. SMI). Berdasarkan pertemuan sebelumnya antara pemangku kepentingan di bidang panas bumi mengenai peran pemerintah dalam kegiatan penyediaan data dan informasi panas bumi dengan memaksimalkan dana pembiayaan infrastruktur Sektor Panas Bumi (PIPS). Saat ini PT. SMI telah membentuk Project Management Unit (PMU) yang sejalan dengan konsepsi Pusat Riset Panas Bumi, sehingga diharapkan Badan Geologi sebagai Badan Pemerintah yang memiliki kapasitas di bidang eksplorasi Panas Bumi dibawah koordinasi PSDMBP dapat memberikan kontribusi teknis dan dukungan terhadap PMU tersebut.

Dengan terbentuknya skema kerja sama yang solid antara Badan Pemerintahan, BUMN, Lembaga Penelitian dan Pendidikan maka cita cita akann government drilling untuk sektor Panas Bumi dapat menjadi terobosan terhadap industri Panas Bumi. Oleh karena itu, momen yang baikini dapat kita pergunakan untuk berdiskusi serta bertukar pikiran agar kita dapat mendorong pengembangan Energi Panas Bumi, sehingga dapat menjadi energi andalan yang menunjang kemandirian energi nasional.

Sumber: Elang Somantri, Pranata Humas Madya

 

Kunjungan Wakil Ketua DPR ke Laboratorium PSDMBP

 

Penyerahan momento oleh Hedi Hidayat (Badan Geologi) kepada Agus Hermanto (DPR-RI)