Kunjungan Kerja Komisi Iv Dprd Banten

Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Banten
 
Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Joko Parwata beserta para Pejabat Eselon III, IV dan Pejabat Fungsional, PSDMBP menerima kunjungan kerja Komisi IV DPRD Provinsi Banten H. Ali Nurdin dan perwakilan anggota dewan dari beberapa Partai ke Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Jalan Soekarno-Hatta No. 444 Bandung, Jawa Barat pada hari Senin, 31/07/2017.
 
Dalam sambutannya Ali Nurdin, Pimpinan Komisi IV DPRD Provinsi Banten menyampaikan kunjungan kerja tersebut untuk bersilaturahmi dan konsultasi mengenai Potensi Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi di Provinsi Banten. Rombongan kunjungan kerja langsung mengikuti Paparan, Diskusi dan Tanya Jawab tentang “Potensi Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi di Provinsi Banten” yang disampaikan oleh Denni Widhiyatna, Pejabat Fungsional Penyelidik Bumi Madya, PSDMBP.
    
Narasumber PSDMBP sebelum paparan potensi mengulas tentang Tugas dan Fungsi Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi. Sumber daya mineral merupakan salah satu modal penting yang perlu dikembangkan dan dioptimalkan dalam menunjang pengembangan suatu wilayah. Penyusunan neraca sumber daya cadangan mineral merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan usaha tersebut, dengan mengetahui lokasi keterdapatan, jumlah dan kualitas serta kekayaan sumber daya geologi yang ada disuatu wilayah dapat disusun perencanaan yang tepat dalam pengembangan wilayah tersebut.
 
Hingga saat ini data Perusahaan pemegang Kontrk Karya (KK) yang masuk pada neraca sumber daya mineral adalah sebanyak 85% dan data Perusahaan pemegang Ijin Usaha Pertambangan (IUP) sebanyak 18%. Alur data eksplorasi berperan sangat penting dalam penyusunan neraca mineral, diharapkan ke depan Tim mudah dalam mendapatkan akses data eksplorasi, terutama untuk Perusahaan Pemegang IUP. Diharapkan seluruh intansi yang terkait, baik instansi pemerintah dan badan usaha dapat berperan aktif dalam alur data eksplorasi agar dapat berjalan dengan baik.
 
Upaya Dalam Otimalisasi Pengelolaan Sumber Daya Alam Untuk Kesejahteraan Pembangunan Daerah Badan Geologi dan Dinas ESDM di seluruh Provinsi di Indonesia melakukan rekonsiliasi, sosialisasi kepada Dinas ESDM di Provinsi mengenai kewenangan provinsi dalam menyusun neraca sumber daya mineral dan energi, bagaimana penting dan manfaat dari neraca, melakukan optimalisasi pengelolaan sumber daya mineral bukan logam yang mudah pemanfaatannya untuk masyarakat sekitar, melakukan Analisa ilmiah terkait untuk pemanfaaatan yang mundah dan mendukung kesejahteraan masyarakat sekitar (contoh: pembangunan smelter, pembentukan badan usaha daerah, dll) serta melakukan sosilasasi untuk pengelolaan sumber daya dan cadangan mineral di daerah.
 
Sumber: Elang Somantri, Pranata Humas Madya

 
 
 
Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Banten