Mengungkap Potensi Batubara Tambang Dalam, Eksplorasi Untuk Kemandirian Energi

 
Energi adalah modal dasar pembangunan nasional. Dengan jumlah penduduk Indonesia yg terus meningkat, menjadi tantangan besar bagi pemerintah untuk mampu menyediakan sumber energi berkelanjutan untuk kepentingan masa depan.

Batubara adalah salahsatu sumber energi yang  sangat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan energi Indonesia  saat ini dan juga di masa yg akan datang. Badan Geologi melalui Pusat Sumberdaya Mineral, Batubara dan Panas Bumi, mencatat jumlah sumberdaya batubara permukaan (0 - 100m) di Indonesia sekitar 129 milyar ton dan jumlah cadangan terkira 27 milyar ton (status Juli 2018). Dengan jumlah sumberdaya cukup signifikan didukung biaya eksplorasi dan eksploitasi yang relatif murah, saat ini batubara adalah sumber energi yang paling siap  untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri dibanding sumber enegi lainnya. Sekitar 50% kebutuhan pembangkit tenaga listrik Indonesia disediakan oleh pembangkit listrik tenaga batubara. Melalui ekspor, batubara sejak lama juga diandalkan menjadi penyumbang devisa negara.

Untuk menjawab isu penyiapan cadangan strategis energi di masa kini dan masa  depan, Pusat Sumberdaya Mineral, Batubara dan Panas Bumi, salah satu instansi pemerintah yang memiliki tupoksi melakukan kegiatan eksplorasi dan inventarisasi batubara di Indonesia, saat ini tengah membantu Dewan energi nasional mempersiapkan peta cadangan energi strategis nasional, khusus untuk sumber energi batubara.

Wilayah pencadangan strategis batubara disiapkan pada wilayah wilayah tertentu yang memiliki kandungan sumberdaya  batubara cukup signifikan dan belum digunakan sebagai wilayah ijin usaha pertambangan. Dengan pertimbangan bahwa di Indonesia pengusahaan batubara masih menggunakan metoda tambang terbuka dengan mengeksploitasi batubara permukaan hingga kedalaman kurang lebih 100m, perhatian khusus pencadangan energi nasional juga diberikan kepada wilayah wilayah yg memiliki potensi  batubara tambang dalam (>100m). Hingga tahun 2017, melalui kegiatan evaluasi dan eksplorasi strategisnya, PSDMBP telah memberikan 64 rekomendasi potensi batubara tambang dalam yang tersebar di Sumatra dan Kalimantan dengan total sumberdaya sebesar 43 milyar ton. 

Kegiatan eksplorasi perlu terus dilakukan agar semakin banyak wilayah berpotensi batubara terungkap, sehingga pada saatnya Indonesia mandiri dalam pemenuhan energi dengan menggandalkan kekayaan milik bangsa sendiri.


#Energimodaldasarpembangunan
#Eksplorasiuntukkedaulatanenergi
#Batubarauntukkesejahtraan rakyat
#PSDMBPbekerjadenganhati