Mengenali Data Geologi Sumur Pada Pengeboran Landaian Suhu Panas Bumi Sumani

MENGENALI  DATA  GEOLOGI  SUMUR  PADA  PENGEBORAN  LANDAIAN  SUHU  PANAS BUMI  SUMANI
 

 
Salah satu tugas pokok dari Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) adalah melakukan  penyelidikan,  baik  di  permukaan  maupun  bawah  permukaan  salah  satunya  dengan metoda Pengeboran Landaian Suhu Panas Bumi. Lokasi terpilih berada di daerah Sumani, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat pada Sumur SMN-1 (702 m) dengan menggunakan mesin Bor CS-14.
Hasil dari  kegiatan ini adalah untuk menentukan nilai gradien panas pada sistem panas bumi di Sumani melalui pengukuran temperatur lubang bor, dan mengetahui kandungan mineral pada batuan inti (coring) serta proses hidrotermal yang terbentuk.
Analisis megaskopis pada batuan inti sumur SMN-1 ditandai oleh  hadirnya mineral ubahan dengan intensitas  ubahan lemah hingga kuat ( 2-71 %). Untuk  analisis  laboratorium  batuan  dilakukan  petrografi,  dan  infra merah dengan alat PIMA (Portbable Infrared Mineral Analyzer) dan Instrument SpecTerra Mineral Analyzer. Diperoleh hasil berupa zonasi alterasi yang terbentuk   dari permukaan hingga kedalaman 100 m, terdiri dari zona alterasi Smektit-Zeolit termasuk pada tipe argilik. Dari kedalaman 100 m hingga 702 m dominan mineral kalsit, klorit dan zeolit merupakan tipe propilitik.
Hasil logging  temperatur  lubang  bor  pada   kedalaman 700 m mencapai 99,2?C, dan temperatur rendam maksimum adalah 102,9 ?C. Dengan nilai gradien termal 12,1 ?C/100m.
Hingga saat ini daerah sumani menjadi salah satu daerah yang diusulkan untuk dikembangkan dan telah ditetapkan menjadi Wilayah Kerja Panas Bumi.

#PSDMBP #sumani #panasbumi #landaiansuhu #geologisumur