Peringatan Hut Ri Ke 74

Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia
SDM Unggul Indonesia Maju


Pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019 Upacara HUT ke-74 Republik Indonesia (RI) diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia sebagai upaya mengenang jasa para pahlawan yang telah rela berkorban untuk memerdekakan Bangsa Indonesia.
Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) menyelenggarakan upacara HUT ke-74 RI dengan tema SDM Unggul, Indonesia Maju. Upacara kali ini dilakukan tidak hanya di kantor PSDMBP di Bandung saja, tetapi juga ada perwakilan dari PSDMBP yang menjadi inspektur upacara di Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) yang tersebar di Wilayah Indonesia, antara lain di PPGA Sinabung, Sumatera Utara yang diwakili Kepala Bidang Mineral PSDMBP, PPGA Salak, Jawa Barat  yang diwakili Kepala Bagian Tata Usaha PSDMBP, PPGA Merapi, Jawa Tengah yang diwakili Kepala Bidang Batubara PSDMBP, dan PPGA Kelud, Jawa Timur yang diwakili Kepala Bidang Panas Bumi PSDMBP.
Dalam sambutan Menteri ESDM Ignasius Jonan yang dibacakan oleh pembina upacara Kepala Pusat, Iman K. Sinulingga, Kementerian ESDM lebih memfokuskan untuk mewujudkan keadilan sosial di bidang energi, melalui pengutamaan perluasan akses terhadap energi dan menjaga harga energi yang terjangkau. Sebagian anggaran Kementerian ESDM dialokasikan untuk belanja infrastruktur rakyat seperti Jaringan Gas Kota (Jargas), Konverter Kit LPG untuk Nelayan, Lampu Tenaga Surya Hemat Energi, Sumur Bor untuk Daerah Sulit Air. Sementara subsidi energi empat tahun terakhir dialihkan untuk belanja pada sektor yang lebih produktif. Selain itu, sektor ESDM masih memberikan peran yang besar untuk pendapatan nasional, pada 2018 sektor ESDM menyumbangkan 53,5% PNBP Nasional. Sesuai  dengan  tema  upacara  peringatan  ulang  tahun ke-74 RI yang kita peringati hari ini, yaitu SDM Unggul Indonesia Maju, pembangunan SDM akan menjadi prioritas dalam pemerintahan yang akan datang. Pembangunan SDM menjadi kunci Indonesia ke depan.
 
 
 

 
 
 


 

 

 
 Berikut link youtube terkait acara tersebut https://youtu.be/04TFdBhOJ3o