Kerjasama Psdmbp Dan Jica

BERITA KEGIATAN KERJASAMA
PUSAT SUMBER DAYA MINERAL BATUBARA DAN PANAS BUMI
(PSDMBP), BADAN GEOLOGI DAN JAPAN INTERNATIONAL COOPERATION AGENCY (JICA)
 

 
Pengujian Peralatan Pressure-Temperature-Spinner (PTS) Logging dan on Job Training (OJT) PTS Flowing Di Sumur Panas Bumi Patuha

Kerjasama Pemerintah Jepang dan Indonesia di bidang panas bumi telah berlangsung lebih dari 5 tahun yang diwakili oleh PSDMBP, Badan Geologi, KESDM dan Japan International Cooperation Agency (JICA). JICA menyerahkan hibah peralatan penunjang kegiatan eksplorasi panas bumi berupa Pressure-Temperature-Spinner (PTS) Logging yang diterima pada tahun 2018.  Peralatan ini berfungsi untuk mengukur tekanan, temperatur dan aliran fluida di sumur panas bumi. Satu set peralatan logging yang diberikan terdiri dari PTS logging tool tipe memori, unit wireline, unit Blow Out Preventer (BOP), dan unit lubricator.

Sebagai persyaratan pemberian hibah, peralatan tersebut harus diuji pada sumur panas bumi yang memproduksi fluida. Awalnya PSDMBP merencanakan kegiatan pengeboran sumur eksplorasi sehingga peralatan PTS logging tersebut dapat dipakai untuk menguji sumur tersebut. Namun dikarenakan kegiatan pengeboran tersebut tidak terealisasi, PSDMBP mengajukan permohonan fasilitas ke PT Geodipa Energy untuk diizinkan menguji peralatan tersebut di salah satu sumur panas bumi milik PT Geodipa Energy. Selain pengujian peralatan, kegiatan ini sekaligus merupakan on Job Training (OJT) bagi staf PSDMBP untuk mendapatkan kompetensi mengoperasikan peralatan tersebut.

Kegiatan OJT dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 di salah satu sumur Lapangan Panas Bumi Patuha milik PT Geodipa Energy. Sumur yang dipakai untuk menguji peralatan dalam kondisi sedang mensuplai uap ke turbin sehingga disebut sebagai uji PTS flowing. Pengujian dilakukan sekali running memakan waktu sekitar 10 jam, data yang diperoleh menujukkan kualitas data yang baik.  

Pada kegiatan pengujian ini melibatkan personel dari PSDMBP, Direktorat Panas Bumi-EBTKE, PT Geodipa Energy, perusahaan service yang membatu melakukan uji dan tim ahli dari JICA sebagai mentor. Staf PSDMBP dalam hal ini diwakili oleh beberapa engineer dan ahli geologi belajar bagaimana mengoperasikan peralatan PTS logging ini. Dengan OJT ini diharapkan tersedianya staf PSDMBP yang kompeten untuk mengoperasikan peralatan PTS logging secara mandiri.