Investarisasi Manifestasi Panas Bumi Daerah Nagekeo, Ntt

INVENTARISASI MANIFESTASI PANAS BUMI DAERAH NAGEKEO, NUSA TENGGARA TIMUR
 

Uji petik panas bumi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Badan Geologi untuk menginventarisasi potensi sumber daya alam yang tersebar di seluruh Indonesia. Kali ini PSDMBP - Badan Geologi melakukannya di Kabupaten Nagekeo, NTT. Informasi ini disampaikan oleh Pemda Kab. Nagekeo kepada Kepala Badan Geologi kemudian ditindaklanjuti oleh tim dari Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP).

Hasil inventarisasi menyatakan terdapat tiga kemunculan mata air panas dengan temperatur antara 42 s.d. 75°C ketiganya terletak di Kecamatan Aesesa. Temperatur air panas  tertinggi di Desa Marapokot, pH netral dengan daya hantar listrik (DHL) sebesar 19.710 µS/cm sekelilingnya terdapat endapan garam yang luas. Air panas lainnya terletak di Desa Tonggurambang dan Desa Nangadhero dengan panas sekitar 42° C pH netral dan DHL 8000 s.d. 15.000 µS/cm, jernih, air terasa asin, terdapat gelembung gas dan muncul pada lingkungan rawa.

Dengan data awal ini kami berencana akan menindaklanjutinya melalui survei yang lebih detail dengan metoda geologi, geokimia dan geofisika dengan harapan dapat mengetahui potensi sumber daya panas bumi di daerah tersebut hingga rekomendasi pemanfaatannya oleh masyarakat dan pemerintah daerah setempat.
Jika teman - teman memiliki informasi mengenai kemunculan mata air panas di daerahnya, sobat geologi boleh loh informasikan kepada kami.
 
#panasbumi #psdmbp #geologi #badangeologi #flores #nagekeo #mbay #floresgeothermalisland
 


 Video kegiatan diatas dapat dilihat pada alamat https://youtu.be/viZn5SXSYK0