On The Job Training Cpns 2018

RANGKAIAN ON THE JOB TRAINING CPNS 2018 BADAN GEOLOGI
DI PUSAT SUMBER DAYA MINERAL, BATUBARA DAN PANAS BUMI


Rangkaian kegiatan On the Job Training (OJT)/magang bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi TA 2018 di lingkungan Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang diikuti oleh 8 orang CPNS di kantor Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) dan dilaksanakan pada hari Senin-Jumat, tanggal 9-13 September 2019 di Jalan Soekarno Hatta Nomor 444 Bandung. Program ini merupakan bagian dari Career Development Program (CDP) CPNS Badan Geologi dalam rangka mengenal dan memahami proses bisnis yang ada di Badan Geologi. Acara OJT dimulai sejak tanggal 30 September 2019 dan ditutup tanggal 4 Oktober 2019.

Dalam kegiatan OJT tersebut, para CPNS diberikan wawasan dan pengetahuan teknis terkait proses bisnis dan kegiatan yang dilakukan rutin oleh Bagian Tata Usaha, Bidang Mineral, Bidang Batubara dan Bidang Panas Bumi. Wawasan yang diberikan dalam 5 hari di PSDMBP antara lain terkait struktur organisasi PSDMBP, tugas pokok dan fungsi PSDMBP, tugas rutin yang dilakukan kelompok kerja di masing-masing sub bagian/sub bidang di lingkungan PSDMBP, proses bisnis PSDMBP, kekuatan pegawai, fasilitas dan layanan, perencanaan dan keuangan, evaluasi laporan dan kerjasama, Barang Milik Negara (BMN), keprospekan dan basis data mineral logam serta bukan logam dan batuan, laboratorium kimia dan fisika PSDMBP, pengusulan Wilayah Ijin Usaha Pertambangan (WIUP) Batubara, pengusulan Wilayah Kerja (WK) Gas Metana Batubara (GMB), pengenalan geofisika batubara, basis data dan neraca batubara, gambut dan GMB, pengenalan alat geofisika dan pengeboran, basis data dan neraca panas bumi, presentasi masukan CPNS.

Pada acara pembukaan dan penutupan OJT CPNS Badan Geologi di PSDMBP dihadiri juga oleh pejabat struktural di lingkungan PSDMBP.  

Diharapkan dengan adanya magang CPNS Badan Geologi dapat memberikan wawasan pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, sikap dan budaya kerja kepada para CPNS untuk lebih memahami proses bisnis dan kegiatan di lingkungan unitnya masing-masing serta membangun network dengan CPNS yang seangkatan dengan para seniornya. Apabila ada mutasi dan rotasi di lingkungan pegawai sudah dikenalkan sebelumnya sejak CPNS dan tidak asing lagi dengan wawasan kerja yang akan diemban.  

Pada acara penutupan, para CPNS diberikan penilaian oleh penanggung jawab magang CPNS di lingkungan masing-masing unit dan CPNS juga memberikan penilaian terhadap unitnya. PSDMBP mendapatkan kategori unit terteknis karena banyak knowledge sharing terkait hal-hal teknis pekerjaan.


#psdmbpbadangeologi
#magangcpns2018