Pasir Besi

POTENSI ENDAPAN PASIR BESI DI INDONESIA
 


Semangat Pagi Sobat PSDMBP !!!!! Kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai endapan pasir besi di Indonesia....
Endapan pasir besi merupakan endapan pantai yang terbentuk oleh konsentrasi mekalik dan fisik dari mineral-mineral batuan asal akibat proses pelapukan. Batuan asal darat yang tererosi memberikan pasokan material berukuran lempung sampai pasir dengan kandungan mineral-mineral berat yang mengandung besi (Fe) seperti magnetit,titanomagnetit dan ilminit ke aliran sungai yang diendapkan di pantai. Di sepanjang pantai, proses gelombang, pasang dan angin secara mekanik memilah ukuran butir dan secara alami memisahkan mineral yang memiliki berat jenis tinggi dengan yang berat rendah yang memberntuk perlapisan pada mineral-mineral berat pada endapan.

Secara umum pasir besi banyak dipakai dalam industri diantaranya sebagai bahan baku pabrik baja, dan bahan magnet dengan mengambil bijih besinya.

Dengan garis pantai yang sangat panjang, Indonesia memiliki potensi pasir besi dengan jumlah total sumberdaya dan cadangan masing masing 4.280 juta ton dan 750 juta ton dengan derajad kemagnetan endapan pasir mencapai 65%, sementara kandungan Fe total dari konsentrat pasir besi mencapai 45%.

Kendala yang dihadapi didalam upaya pemanfaatanya saat ini adalah kondisi lingkungan tidak memungkinkan untuk dilakukan proses pemurnian skala besar. PSDMBP bekerjasama dengan Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) sedang melakukan penelitian untuk program hilirisasi bahan tambang dengan upaya pemurnan besi menggunakan teknologi plasma, sehingga bisa dikelola sebagai industri kecil.

Nah, sekian dulu informasi dari kami ya,,,jangan lupa untuk like, comment, dan share ya sobat....

#eksplorasi #pasirbesi #hilirisasi#indonesia #kesdm #pasir #besi