Pnt Batubara

PNT Batubara

 
Peningkatan Nilai Tambah (PNT) Batubara adalah upaya untuk meningkatkan nilai keekonomian batubara melalui kegiatan pengolahan. Nah taukah sobat, kegiatan pengolahannya apa saja? Kalo belum tau yuk ah intip dan baca Infografisnya.
PNT batubara sebetulnya telah diatur loh untuk para pemegang IUP dan IUPK operasi produksi. Peraturannya tertera pada PP Nomor 77 tahun 2014 dan Permen ESDM Nomor 25 tahun 2018. Nah kegiatan pengolahan untuk PNT batubara itu antara lain :
  1. Peningkatan mutu batubara (coal upgrading)
  2. Pembuatan briket batubara (coal briquetting)
  3. Pembuatan kokas (cokes making)
  4. Pencairan batubara (coal liquifaction) atau coal to liquid
  5. Gasifikasi batubara (coal gasification) termasuk underground coal gasification (UCG)
  6. Coal slurry atau coal water mixture.

PSDMBP melalui GESIT (ProGram Evaluasi dan Sistim Informasi Terpadu) saat ini sedang melakukan evaluasi potensi batubara Indonesia untuk Percepatan pengungkapan potensi diversifikasi dan peningkatan nilai tambah batubara. Evaluasi yang dilakukan diantaranya Evaluasi batubara Metalurgi, yang berguna untuk Pembuatan Kokas; Evaluasi batubara peringkat rendah untuk Gasifikasi batubara (salah satu pemanfaatnya yaitu sebagai syngas atau DME) dan peningkatan mutu batubara; Evaluasi batubara bawah permukaan (deep seated coal) untuk UCG dan CBM. Selain itu, untuk menanggapi kebutuhan akan logam tanah jarang (LTJ) dilakukan juga Evaluasi kandungan LTJ pada batubara. Semoga semua evaluasi yang dilakukan dapat bermanfaat ya sobat.

#batubara #PNTbatubara #metcoal #ltj