Perlit

PERLIT
 

 
Salam Sobat PSDMBP !!!!!!!!!!!!!!!

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai Perlit. Ya, Perlit merupakan batuan volkanik yang dapat mengembang bila dipanaskan dengan perlahan-lahan maupun secara cepat. Sifat pemuaian ini disebabkan oleh adanya struktur molekuler air dan gas yang dapat dimobilisasikan pada temperatur 7600C, dan dapat mengembang hingga 20 kali dari volume asalnya.
Perlit terdapat pada hasil letusan gunungapi atau aliran lava di bagian bawah atau tengah. Proses pembentukan perlit disebut sebagai perlitisasi. Selama perlitisasi berlangsung, terjadi penambahan air yang berasal dari batuan sekitarnya.
Perlit dapat dimanfaatkan untuk plester dan agregat beton ringan, bahan atap, isolator temperatur rendah, isolator temperatur tinggi, dempul tembok,agregat untuk pertanian (pupuk), filler dan bahan filter
Nah Sobat, foto PERLIT di atas merupakan hasil dari kegiatan Eksplorasi Endapan Umum Perlit di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2015, dengan potensi sumber daya tertunjuk sebesar 930.000 ton.

Sekian dulu ya Sobat untuk kali ini,,
Semangat !!!!!!!!!!

#eksplorasi #geologi #perlit #bima #NTB #potensi