Potensi Sumber Daya Gambut Indonesia

POTENSI SUMBER DAYA GAMBUT INDONESIA

Halo teman-teman PSDMBP, kali ini kita mau membahas tentang salah satu sumber daya energi alternatif yang belum banyak diketahui, yaitu gambut Indonesia. Di beberapa negara, diantaranya adalah Finlandia dan Skotlandia, gambut dijadikan sebagai bahan bakar untuk pemanas rumahan, bahan bakar di industri pabrik dan juga sebagai bahan bakar pembangkit listrik.  Sesuai tugas pokok dan fungsinya Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) Badan Geologi juga melakukan kegiatan inventarisasi dan penyelidikan sumber daya gambut Indonesia. Data yang dihasilkan berupa karakteristik gambut meliputi ketebalan, kenampakan fisik dan juga jumlah sumber daya.
Sebelum membahas mengenai sumber daya gambut, yuk kita lihat dulu pengertian dari gambut itu sendiri.
Gambut merupakan lapisan organik di permukaan, yang terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan yang terawetkan dan terakumulasi dalam lingkungan asam, jenuh air, sedikit oksigen dan nutrisi. Dalam ilmu pertanian, gambut didefinisikan sebagai lapisan tanah yang kaya bahan organik (C-organik > 18% dengan ketebalan 50 cm atau lebih. Dilihat dari sudut pandang geologi, gambut merupakan cikal bakal batubara. Endapan material organik sisa tumbuhan akan melalui tahapan penggambutan sebelum menuju proses pembatubaraan berikutnya. Sebagai cikal bakal batubara, gambut juga memiliki nilai kalori. Energi bahan bakar gambut ditentukan dengan mengukur panas yang dihasilkan oleh pembakaran total dalam jumlah tertentu dan dinyatakan dalam satuan kal/gr atau kkal/kg.
 

 
Sumber daya Gambut Indonesia berdasarkan hasil penyelidikan Badan Geologi, hingga tahun 2019 adalah sebesar 13,39 miliar ton gambut kering. Nilai kalori gambut Indonesia dapat mencapai 5.950 Kal/gr (adb) yang setara dengan nilai kalori batubara lignit dan sub bituminus. Data sumber daya gambut Indonesia berasal dari 69 lokasi yang tersebar di Pulau Sumatera sebanyak 30 lokasi, Pulau Kalimantan sebanyak 38 lokasi, dan Sulawesi 1 lokasi.  
Buat teman-teman yang penasaran dengan informasi detail dari tiap lokasi penyelidikan PSDMBP, ayo mampir ke perpustakaan PSDMBP, lokasinya udah pada tau kan? kalo yang belum tau bisa lihat di menu profil yaa. Sampai jumpa di materi-materi menarik selanjutnya.