Kegiatan “prospeksi Gambut Daerah Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat”

Kegiatan “Prospeksi Gambut Daerah Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat”
11 Februari – 11 Maret 2020
 

 
video : https://youtu.be/O5DePNS1aDU
Halo teman-teman PSDMBP, masih pada inget kan dengan postingan sebelumnya mengenai sumberdaya gambut di Indonesia?, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana kegiatan penyelidikan sumberdaya gambut yang dilakukan oleh tim dari PSDMBP.
Yuk kita lihat!!
Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim dari Bidang Batubara, PSDMBP pada bulan Februari tahun 2020. Tim beranggotakan 8 orang, terdiri dari 4 orang geologis yang mengerjakan kegiatan pengeboran gambut dan 4 orang geofisis yang mengerjakan akuisisi data menggunakan unit georadar. Pengambilan data menggunakan georadar untuk penyelidikan gambut masih jarang dilakukan lho teman-teman, PSDMBP mulai tahun ini mencoba melakukan kolaborasi data pengeboran gambut dengan data georadar, dimana data georadar akan sangat membantu dalam mengetahui batas antara endapan gambut dan litologi yang menjadi alas endapan gambut yang umumnya adalah lempung. Diharapkan nanti hasilnya akan membuat analisis potensi sumberdaya gambut menjadi lebih optimal.
Seperti terlihat di gambar 1, kondisi lahan gambut di daerah prospeksi menunjukkan di beberapa tempat masih merupakan hutan rawa, pedataran rawa dan daerah limpah banjir. Pembentukan Cekungan Gambut di Daerah Rasau Jaya dikontrol oleh dua sungai besar, yaitu Sungai Kapuas dan Sungai Anak Kapuas.
Gambar 2, menggambarkan bagaimana kegiatan pengambilan data menggunakan georadar. Gambar 3 merupakan beberapa contoh data georadar yang telah diproses.
Video, menunjukan kegiatan pengambilan data pengeboran gambut di salah satu lokasi penyelidikan. Titik pengambilan data bor gambut berjumlah 84 titik dengan jarak antar titik sekitar 2km. Akuisisi data georadar pada daerah penyelidikan dilakukan sepanjang 60 km, dimana orientasi lintasan memotong titik terdalam endapan gambut.
Oh iya, tim juga mengumpulkan sampel gambut untuk dianalisis di laboratorium PSDMBP, dimana sampel yang akan dianalisis berjumlah 30 yang diambil mewakili area-area cekungan gambut. Dari hasil analisis laboratorium, kita dapat mengetahui karakter gambut dan nilai kalorinya lho teman-teman.
Semua data lapangan nantinya akan diintegrasikan dan diproses, sehingga kita bisa membuat peta ketebalan endapan gambut (peta isopach) dan akhirnya kita bisa mengetahui besar sumberdaya endapan gambut di daerah Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.
Demikian informasi mengenai kegiatan penyelidikan gambut oleh tim PSDMBP.
Tetap semangat dan jaga kesehatan ya teman-teman, sampai jumpa lagi di postingan-postingan kami selanjutnya… #gambut #PSDMBP #StayAtHome