Langkah Strategi Membangun Zona Integrasi

LANGKAH STRATEGI MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS (ZI)

Hai Sobat PSDMBP selamat pagi, siang, sore, malalam.. semoga kita sehat selalu Aamiin.. sobat PSDMBP masih ingat kan sebelumnya mimin menayangkan tentang Pembangunan Zona Integritas (ZI) di PSDMBP untuk  mewujudkan Reformasi Birokrasi dan good governance (pemerintahan yang baik) diperlukan sistem pemerintahan yang efektif dan efisien dalam kaitan dengan pelaksanaan tugas dan fungsi aparatur Negara sehingga diharapkan dapat memberikan dampak pada penurunan praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme, pelaksanaan anggaran yang lebih baik, program-program pembangunan masyarakat meningkat, kualitas pengelolaan kebijakan dan pelayanan publik meningkat. Begitu juga untuk mendukung perlu peran dan aktif dari semua sumber daya manusia yang ada di satuan kerja peran pegawai PNS (Pegawai Ngeri Sipil), PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) dan Outsourcing Tenaga Satuan Pengamanan dan Tenaga Kebersihan.

Komponen Pembangunan Zona Integritas menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) terdapat dua jenis komponen yang harus dibangun dalam unit kerja yaitu komponen pengungkit dan hasil. Komponen pengungkit merupakan komponen yang menjadi faktor penentu pencapaian sasaran hasil pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Terdapat enam area perubahan pembangunan ZI pada komponen pengungkit, yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Sedangkan dua komponen hasil berupa terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN serta terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

 

Langkah strategi dalam membangun Zona Integritas yaitu adanya Komitmen pimpinan dan jajarannya dengan melibatkan semua karyawan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi dan menularkan semangat dan visi yang sama serta kemudahan pelayanan  dalam menyediakan fasilitas yang lebih baik dan semangat hospitallity untuk kepuasan publik dan membuat program yang membuat unit kerja lebih dekat ke masyarakat.  Monitoring dan evaluasi dengan melakukan pemantauan dan evaluasi berkelanjutan untuk memastikan bahwa program yang sedang dijalankan tetap dijalurnya serta memanajemen media dengan menetapkan strategi komunikasi untuk memastikan bahwa setiap aktivitas dan inovasi perubahan yang telah dilakukan diketahui oleh masyarakat.

 

 

#zonaintegritas #pelayananpublik #wbk #wbbm #manajemen #wfh #wfo #ppnpn #outsourcing