Purnabakti Bukan Akhir Dari Segala Aktifitas

PURNA BAKTI BUKANLAH AKHIR DARI SEGALA AKTIVITAS
 


Dengan datangnya masa pensiun, tentunya ASN sudah tidak bisa bekerja lagi. Untuk itu, kita harus memberikan sebuah ucapan saat pensiun. Hal ini dilakukan sebagai upaya penghormatan kepadanya. Akan lebih baik jika dalam ucapan diselipkan ucapan permohonan maaf jika selama bekerja terdapat kesalahan dan sebagai apresiasi sekaligus memberikan pembekalan terhadap ASN dan Non ASN. Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) bekerjasama dengan PT Taspen (Persero) Utama Bandung menyelenggarakan sosialisasi mengenai Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi Pegawai Negeri Sipil yang bertugas pada Instansi Pemerintah, bertempat di Kampus Lapangan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara Gunung Masigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada hari jumat, tanggal 25 September 2020.

PT. Taspen (Persero) merupakan BUMN  yang ditugasi oleh pemerintah Indonesia untuk mengelola program Jaminan Sosial bagi ASN dengan visi Menjadi perusahaan Jaminan Sosial Bertaraf Internasional untuk kesejahteraan Peserta dan mendukung Pembangnan Nasional secara inovatif dan berkelanjutan.   
Dalam sosialisasi memberikan 4 (empat) Program :
  1. Program Tabungan Hari Tua, program asuransi bagi ASN yang terdiri dari asuransi dwiguna yang dikaitkan dengan usia pensiun ditambah dengan asuransi kematian
  2. Program Pensiun, penghasilan yang diterima oleh penerima pensiun setiap bulan sebagai jaminan hari tua dan penghargaan atas jasa ASN
  3. Program Jaminan Kecelakaan Kerja, perlindungan atas risiko kecelakaan kerja atau penyakit kerja berupa perawatan, santunan dan tunjangan cacat
  4. Program Jaminan Kematian, perlindungan atas risiko bukan kecelakaan kerja atau sebab lainnya

 
Manfaat Program Pensiun berdasarkan UU No 11 Tahun 1969 Pasal 1 diberikan sebagai Jaminan Hari Tua dan sebagai penghargaan atas jasa-jasa Pegawai Negeri selama bertahun-tahun bekerja dalam dinas pemerintah.
Pensiun memang membuat kehilangan rutinitas bekerja, tapi bukan berarti kehilangan kesempatan untuk mengabdi dan berkarya. Semoga masa pensiun penuh berkah. Jangan berhenti menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk semua orang hingga akhir hayat.

Iuran jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian tidak dipotong dari gaji pokok PNS tetapi dibayarkan oleh pemerintah.  Jaminan kecelakaan kerja minimal keikutsertaan 3 tahun.  Jaminan kematian beasiswa anak untuk 2 orang dengan minimal keikutsertaan 3 tahun.  Apabila tidak terdapat/mengalami kecelakaan kerja maka tidak bisa diklaim. Kategori kecelakaan kerja yaitu dalam menjalankan tugas, keadaan yang ada hubungan dengan dinas, perbuatan anasir yang tidak bertanggungjawab (dianiaya oleh perbuatan orang lain), dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja dan mengalami penyakit akibat kerja.  Hak Ahli waris yang pertama yaitu suami, istri ataupun anak, apabila hak waris keatas yaitu orang tua dan saudara. Bagi pensiun yatim piatu terdapat 3 batasan bagi anaknya yaitu belum menikah, belum usia 25 tahun dan belum bekerja.